Page 580 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 580

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



                  surat elektronik, faksimili,  konperensi saat ini,  dan aplikasi
                  www uaringan internet).
           4.  cetak   sebagai  dasar  dari  media  pembelajaran  PT JJ.
               Berbagai  variasi  media  cetak  dapat  digunakan,  seperti  buku
               teks, pedoman studi.  buku kerja,  atau modul.

                  Dari  sekian  banyak  pilihan,  sebenarnya  mana  yang
           terbaik  untuk  digunakan?  Semua  tergantung  pilihan  pendidiknya
           dalam  menentukan  hasil  akhir  pembelajaran  yang  diharapkan.
           Kunci  efektivitas  PT  JJ  ditentukan  oleh   1)  isi  pembelajaran
           keterkaitan  isi  dan  2)  hambatan  yang  mungkin  dihadapi  oleh
           pendidik  Biasanya  pembelajaran  dilakukan  melalui  kombinasi
           berbagai media atau campuran med1a.
                  Dilihat  dari  karakteristik  PT JJ  tersebut,  pemegang  peran
           dalam  program  PT  JJ   adalah  murid,  dosen,  fasilitator,  staf
           pendukung, dan pengelola (Thompson,  1990)


           B.  Manajemen Pemasaran Pendidikan Tinggi Jarak Jauh

                  Melihat  perbedaan  karakteristik  PT JJ  dengan  sistem
           PTTM,  maka  kita  perlu  mengkaji  bentuk  pemasaran  yang
           sebaiknya  digunakan  dalam  rangka  menyebarluaskan  dan
           sekaligus membentuk citra suatu  PT  JJ  Pemasaran adalah proses
           pengelolaan  yang  bertanggung  jawab  untuk  mengidentifikasi,
           mengant1sipasi  dan  memuaskan  pelanggan.  (Chris  Fill,  1999).
           Titik  berat  pemasaran  terletak  pada  pengelolaan   aspek
           pemasaran,  bukan  pada proses penjualannya  yang  dititikberatkan
           kepada  kebutuhan  masyarakat.     Keberhasilan  pemasaran
           sebaiknya disertai dengan campur tangan  hubungan  masyarakat
           (humas)  agar  menghasilkan  keuntungan  yang  maksimal.  Dalam
           hal  humas  menjadi  bagian  dalam  campuran  pemasaran  yang
           terdiri  dari  penamaan,  kemasan,  penelitian  harga,  penjualan,



                                                                   575
   575   576   577   578   579   580   581   582   583   584   585