Page 488 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 488

PENDIDIKAN TINGGI  JARAK JAUH



        dan  input  data  kelembagaan  yang  andal.  Dengan  demikian,
        ragam  penelitian  kelembagaan  berkembang  sejalan  dengan
        kemajuan  kebutuhan  lembaga  untuk  memenuhi  beragamnya
        tuntutan eksternal serta kekhasan karakteristik institusi itu sendiri.
               Pendidikan   Tinggi   Jarak   Jauh   (PT JJ)   memiliki
        karakteristik  yang  berbeda  dengan  pendidikan  tinggi  tatap  muka
        (PTTM).  Salah satu  ciri  PT  JJ  ialah  keterpisahan dalam ruang  dan
        waktu  antara  peserta  didik  dengan  pengajar  hampir  selama
        proses  studi  berlangsung;  pertemuan  tatap  muka  antara  peserta
        didik  dan  pengajaran  mungkin  terjadi  meskipun  minimal  dari
        keseluruhan  masa  studinya.  Masalah  keterpisahan  tersebut
        diselesaikan melalui penggunaan teknologi dan media komunikasi
        pembelajaran   serta   penerapan   sistem   belajar   mandiri.
        Keberhasilan   dalam    mengatasi    keterpisahan   tersebut
        memungkinkan  PT JJ  diakses  oleh  ban yak  peserta  didik,  yang
        karena  berbagai  alasan  tidak dapat mengakses  pendidikan  tinggi
        konvensional.  Aspek-aspek  dalam  PT JJ  yang  menentukan  fokus
        penelitian  kelembagaan,  antara  lain  keragaman  peserta  didik,
        pemasalahan  pendidikan,  belajar  mandiri,  pengembangan  bahan
        ajar   untuk   belajar  mandiri,   distribusi   bahan   ajar,   dan
        penyelenggaraan  tutorial  di  berbagai  tempat  yang  jauh  dari
        tempat  institusi  PT  JJ   Aspek-aspek  tersebut  dan  adanya
        keterpisahan  antara  peserta  didik,  pengajar  serta  institusi,
        memunculkan  kebutuhan  yang  spesifik  terhadap  penelitian
        kelembagaan.  Evans  (2000)  menyatakan  bahwa  pentingnya
        penelitian  kelembagaan  dalam  PT  JJ  berkaitan  dengan  upaya
        untuk menjaga PT  JJ  tetap kompetitif dengan  perguruan tinggi  lain
        yang lebih konvensional.
               Sebagai  lembaga  pendidikan  tinggi  satu-satunya  di
        Indonesia  yang  menyelenggarakan  pendidikan  tinggi  jarak  jauh,
        Universitas  Terbuka  membentuk  unit  formal  yang  menangani
        penelitian kelembagaan.  Sejauh yang dapat diakses di intenet,  UT



                                                                483
   483   484   485   486   487   488   489   490   491   492   493