Page 461 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 461

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



         misalnya dalam bentuk motivasi kepada stat pengajar dan peserta
         didik.
                 Hal  serupa  juga  dapat  dilakukan  di  UT   disesuaikan
         dengan situasi dan  kondisi  di  lingkungan  UT Dosen  pembimbing,
         penulis  modul,  pembuat naskah  ujian  serta  pengelola  UT,  baik di
         tingkat pusat maupun  di  tingkat UPBBJ-UT di  daerah  mempunyai
         peranan  yang  sangat  menentukan  dalam  mendayagunakan
         fasilitas  dan  layanan  perpustakaan  yang  ada  dari  realisasi  kerja
         sama  yang  dilakukan  antara  UT dengan  FKP2TN.  Disadari  atau
         tidak,  UT  sebagai  perguruan  tinggi  yang  menyelenggarakan
         program  Pendidikan  Tinggi  Jarak  Jauh  adalah  satu-satunya
         institusi  yang  paling  diuntungkan  dari  relisasi  kerja  sama  ini  bila
         dibandingkan dengan perguruan tinggi  lain  yang tergabung dalam
         FKP2TN.  Hal  ini  disebabkan  peserta  didik  UT  yang  tersebar  di
         seluruh  nusantara  dapat  memanfaatkan  fasilitas  dan  layanan
         perpustakaan  anggota  FKP2TN  terdekat.  Dengan  demikian  akan
         lebih  efektif  dan  efisien  menggunakan  jaringan  yang  ada  bila
         dibandingkan  pihak  UT  harus  membangun  fasilitas  perpustakaan
         di  tiap-tiap  UPBJJ-UT  di  daerah.  Selain  itu,  metode  pendidikan
         yang  dilakukan  di  UT  dengan  sistem  belajar  mandiri  melalui
        ~  modul,  akan  lebih  berkualitas  apabila  mendapat  dukungan
         referensi  yang  cukup,  baik  referensi  yang  bersifat  wajib  untuk
         dibaca  maupun yang dianjurkan.
                Mengingat  peran  FKP2TN  sangat  besar  terhadap
         pemenuhan  kebutuhan  informasi  yang  diperlukan  oleh  pengguna
         perpustakaan  dari  UT,  maka  dianjurkan  kepada  pimpinan/
         pengelola UT  baik di  tingkat pusat maupun UPBJJ-UT di daerah-
         daerah  secara  aktif  mempromosikan  dan  mensosialisasikan
         fasilitas  dan  layanan  perpustakaan  dan   mewajibkan  civitas
         akademika  UT,  utamanya  mahasiwa  untuk  memanfaatkan






                                                                  455
   456   457   458   459   460   461   462   463   464   465   466