Page 461 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 461
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
misalnya dalam bentuk motivasi kepada stat pengajar dan peserta
didik.
Hal serupa juga dapat dilakukan di UT disesuaikan
dengan situasi dan kondisi di lingkungan UT Dosen pembimbing,
penulis modul, pembuat naskah ujian serta pengelola UT, baik di
tingkat pusat maupun di tingkat UPBBJ-UT di daerah mempunyai
peranan yang sangat menentukan dalam mendayagunakan
fasilitas dan layanan perpustakaan yang ada dari realisasi kerja
sama yang dilakukan antara UT dengan FKP2TN. Disadari atau
tidak, UT sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan
program Pendidikan Tinggi Jarak Jauh adalah satu-satunya
institusi yang paling diuntungkan dari relisasi kerja sama ini bila
dibandingkan dengan perguruan tinggi lain yang tergabung dalam
FKP2TN. Hal ini disebabkan peserta didik UT yang tersebar di
seluruh nusantara dapat memanfaatkan fasilitas dan layanan
perpustakaan anggota FKP2TN terdekat. Dengan demikian akan
lebih efektif dan efisien menggunakan jaringan yang ada bila
dibandingkan pihak UT harus membangun fasilitas perpustakaan
di tiap-tiap UPBJJ-UT di daerah. Selain itu, metode pendidikan
yang dilakukan di UT dengan sistem belajar mandiri melalui
~ modul, akan lebih berkualitas apabila mendapat dukungan
referensi yang cukup, baik referensi yang bersifat wajib untuk
dibaca maupun yang dianjurkan.
Mengingat peran FKP2TN sangat besar terhadap
pemenuhan kebutuhan informasi yang diperlukan oleh pengguna
perpustakaan dari UT, maka dianjurkan kepada pimpinan/
pengelola UT baik di tingkat pusat maupun UPBJJ-UT di daerah-
daerah secara aktif mempromosikan dan mensosialisasikan
fasilitas dan layanan perpustakaan dan mewajibkan civitas
akademika UT, utamanya mahasiwa untuk memanfaatkan
455