Page 460 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 460

Peran Forum Kerja Sarna Perpusukaan ....



          UPBJJ-UT  yang  mengajukan  permintaan  Kartu  Sakti  kepada
          FKP2TN untuk diberikan kepada mahasiswanya.


                 Forum  Kerja  sama  Perpustakaan  Perguruan  Tinggi
          seperti  FKP2TN   akan  mempunyai   peran  yang  besar  dalam
          meningkatkan  kualitas  pendidikan  di  masing  masing  perguruan
          tinggi  yang  tergabung dalam  Forum  ini  apabifa  pihak-pihak  yang
          berkepentingan  seperti  dosen,  pengelola/pimpinan  perguruan
          tinggi  yang  bersangkutan,  penulis  modul,  penulis  naskah  ujian,
          pustakawan  dan  peserta  didik  juga  ikut  berperan  secara  aktif
         dalam  upaya  mendayagunakan  fasilitas  dan  layanan  perpustaka-
          an  yang  ada.  Upaya  nyata  yang  dapat  dilakukan  antara  lain
         dengan  mengintegrasikan  proses  pembelajaran  antara  perpus-
         takaan  dengan  program  studi/jurusan dan/atau  sebaliknya.  Harus
         ada  kerja  sama  yang  erat  dan  saling  melengkapi  antara  perpus-
         takaan  dengan  program  studi/jurusan  dalam  hal  penyediaan
         bahan pustaka yang dibutuhkan mahasiswa  sesuai silabi. Apabila
         perpustakaan  dapat  menyediakan  bahan  pustaka/referensi  wajib
         dan   anjuran   sesuai   silabi,   kemudian   menginformasikan
         keberadaan  bahan  pustaka  tersebut  kepada  para  staf  pengajar
         yang  terkait,  kemudian  staf  pengajar  mewajibkan  mahasiswa
         untuk  datang  ke  perpustakaan  memanfaatkan  referensi  yang
         diwajibkan/diajurkan,  maka  tidak  hanya  jumlah  pengunjung
         perpustakaan  yang  akan  meningkat,  akan  tetapi  pemanfaatan
         koleksi  juga  akan  meningkat,  yang  akhirnya  akan  meningkatkan
         kualitas  lulusan.  Program  dimaksud  akan  berjalan  dengan  baik
         apabila  mendapat  dukungan  penuh  dari  pengelola  perguruan
         tinggi  yang  bersangkutan,  baik  di  tingkat  pusat  maupun
         fakultas/jurusan/program  studi;  baik  dukungan  tertulis  seperti
         perangkat  aturannya,  maupun  dukungan  tidak  tertulis  seperti




         454
   455   456   457   458   459   460   461   462   463   464   465