Page 422 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 422
Wahyono, Dukungan Perpurukaan dalam Pendidikan ....
berarti tidak dapat digunakan dalam SBJJ. Artikel-artik~l yang
tidak dalam bentuk digital dapat dialih-mediakan ke dalam digital
atau disambungkan ke dalam badan atau organisasi yang
menyediakan pangkalan data artikel online (Digital Library
Definition for DL 12", httpo/!scholar.lib. vt. edu!DL 121 defineD!. html).
Prinsip dalam perpi.lstakaan pendidikan jarak jauh adalah
koleksi yang dapat diakses secara jarak jauh. Karena itu, koleksi
perlu dikembangkan secara digital. Saat ini sudah mulai banyak
buku yang diterbitkan dalam bentuk digital. Bahan pustaka yang
masih dalam bentuk tercetak dapat dialihmediakan ke dalam
bentuk digital. Perpustakaan juga dapat melanggan jurnal
elektronik atau artikel pangkalan data yang dapat diakses dari
mana saja. Perpustakaan juga dapat memberikan layanan foto
kopi jarak jauh dengan cara men-scan bab-bab dari buku-buku
tertentu, artikel dalam jurnal atau majalah yang dipesan oleh
mahasiswa secara jarak jauh. Dengan demikian, perpustakaan
dalam SPJJ memerlukan sarana navigasi dan pengembangan
web yang memungkinkan koleksi perpus-takaan dapat diakses
secara jarak jauh.
Di beberapa universitas di Amerika Serikat seperti di
University of Illinois at Urbana-Champaign (UIUC), perpustakaan
dapat melayani mahasiswa dengan apa yang disebut layanan
panggilan. Artikel, bab, laporan, atau dokumen lainnya di-scan,
kemudian dikonversi ke dalam PDF dan dikirim ke dalar1 website
agar dapat dicari oleh pengguna. UIUC juga dapat memberikan
layanan pemesanan artikel jurnal yang tidak dikoleksi di
perpustakaan dengan cara kerja sama dengan perpustakaan
digital lainnya melalui situs web sistem layanan silang antar
perpustakaan (Kibbee, 2002:64-65).
Sumber daya manusia (SDM) perpustakaan dalam SBJJ
berbeda dengan SDM perpustakaan pendidikan tinggi
konvensional. SDM perpustakaan pendidikan jarak jauh harus
416