Page 419 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 419
PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH
dengan delapan stasiun televisi swasta, yang hanya dinikmati
oleh sebagian besar penduduk di Jawa, dan beberapa daerah di
luar Jawa.
Dalam kondisi infrastruktur tersebut dapat dibayangkan
bagaimana sulitnya UT memberikan layanan yang memadai
kepada seluruh mahasiswa UT. Hal 1tu memang sudall dipred;ksi
sejak UT masih dalam rancangan pendiriannya. Pada awalnya UT
hanya menerima mahasiswa yang berdomisili di kota-kota
propins1, namun dalam perkembangannya, karena banyaknya
permintaan UT akhirnya menerima juga mahasiswa yang
bertempat tinggal di luar kota-kota propinsi, bahkan ada yang jauh
dari kota propinsi seperti yang ti11ggal di pulau-pulau kecil di
tengah laut, di pedalaman Kalimantan, dan Irian Jaya, serta di
beberapa negara di luar Indonesia.
B. Pengembangan Perpustakaan Digital untuk
Sistem Pendidikan Jarak Jauh
Sebaran mahasiswa secara geografis menggambarkan
betapa besarnya problem yang dihadnpi UT dalam memberikan
layanan kepada mahasiswa, terutama layanan perpustakaan.
Semula UT mengharapkan kerja sama dengan perguruan tinggi
negeri akan memudahkan mahasiswa UT memperoleh layanan
perpustakaan. Demik1an pula kerja sama UT dengan
perpustakaan daerah, sehingga pengembangan perpustakaan
difokuskan untuk memenuhi kebutuhan tenaga edukatif UT dan
penulis modul.
Dalam perkembangan selanjutnya, UT merasa memiliki
kewajiban untuk memberikan layanan perpustakaan secara lebih
baik kepada mahasiswa. Karena itu, sejak tahun 1997
perpustakaan UT bergabung dengan Forum Kerjasama
Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri yang anggotanya semua
413