Page 19 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 19

Kata Pengantar

                                                   Rektor Universitas Terbuka




                                                 Pada  Dies  Natalis  yang  kedua  puluh  tahun  2004,  UT  mener-
                                             bitkan  buku  20  Tahun  Universitas  Terbuka:  Dulu,  Kini,  dan

                                             Esok.  Buku  ini  menyoroti  bagaimana  UT  secara  institusional
                                             menjalankan  perannya  sebagai  lembaga  pendidikan  tinggi  jarak
                                             jauh dan bagaimana  masyarakat  memandang UT. Pada tahun ini

                                             UT  kembali  menerbitkan  buku  tentang  perkembangan  UT  tetapi
                                             dengan pendekatan yang berbeda.
                                                 Penulisan  buku  ini  lebih  menekankan  pada  perkembangan

                                             UT  dari  segi  unit-unit  kerja  yang  ada.  UT  sebagai  institusi
                                             dilihat  sebagai  satu  perangkat  aturan,  dan  bagaimana  unit-unit

                                             yang  ada  di  bawahnya  menjalankan  aturan  tersebut.  Buku  ini
                                             membahas  tiga  fokus  yang  menjadi  perhatian  utama  dalam
                                             rangka  meningkatkan  kualitas  UT,  yaitu  peningkatan  kualitas

                                             akademik,  peningkatan  kualitas  manajemen  internal,  dan
                                             peningkatan angka partisipasi mahasiswa

                                                 Dalam  perjalanannya  selama  ini  UT  selalu  berupaya  untuk
                                             menjaga  kualitas  pendidikan.  Hal  ini  merupakan  komitmen  UT
                                             untuk  menyiapkan  lulusannya  agar  dapat  menghadapi  persaing-

                                             an  global.    Untuk  mewujudkan  komitmennya  tersebut  UT  perlu
                                             melakukan empat hal:
                                                 Pertama,  melakukan  reformasi  pendidikan  berdasarkan  prin-

                                             sip  kualitas,  relevansi,  aksesibilitas,  dan  pemerataan.  Kualitas
                                             pendidikan  dapat  diimplementasikan  dalam  bidang  kurikulum,
                                             bahan  ajar,  layanan  bantuan  belajar,  bahan  ujian,  dan

                                             penyelenggaraan  ujian;  relevansi  pendidikan  dapat  dilakukan
                                             melalui pembukaan program studi yang secara nyata dibutuhkan




                                             viii
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24