Page 16 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 16
Dengan sistem pendidikan jarak jauh, kesenjangan antara
lulusan sekolah menengah umum dan daya tampung perguruan
tinggi dapat diatasi.
Dengan latar belakang itu, maka sejak awal UT didirikan
dengan tiga tujuan utama: pertama, untuk memberikan
pelatihan/pendidikan kepada guru-guru sehingga mereka dapat
melanjutkan pendidikannya tanpa harus meninggalkan tugas
rutinnya sebagai guru; kedua, untuk memberikan kesempatan
kepada lulusan sekolah menengah umum yang tidak tertampung
pada perguruan tinggi tatap muka; dan ketiga, untuk memberi-
kan kesempatan kepada masyarakat luas yang ingin melanjutkan
pendidikannya di tingkat pendidikan tinggi tetapi tidak dapat
mengikuti pendidikan tatap muka karena sesuatu hal.
Saat ini UT telah mengakomodasi lebih dari satu juta
mahasiswa dan telah menghasilkan lulusan lebih dari setengah
juta alumni, baik program gelar maupun nongelar (diploma).
Jumlah mahasiswa yang paling banyak adalah para guru,
kemudian mahasiswa nonguru baik mereka yang baru lulus dari
sekolah lanjutan umum maupun mereka yang sudah lama
bekerja. Berdasarkan perkembangan mahasiswa tersebut, kita
dapat melihat bahwa perjalanan UT hingga saat ini masih
berada dalam jalur seperti ketika didirikan.
Undang-undang Nomor: 14 Tahun 2005 tentang Guru dan
Dosen mewajibkan antara lain semua guru berpendidikan
minimal S1 atau D4 dan memiliki sertifikat profesi guru.
Depdiknas telah membuat program untuk meningkatkan
kualifikasi guru hingga S1 atau D4 bagi mereka yang masih
berpendidikan di bawah standar itu. Di samping itu, Depdiknas
juga akan melakukan sertifikasi guru melalui sejumlah LPTK di
v