Page 16 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 16

Dengan  sistem  pendidikan  jarak  jauh,  kesenjangan  antara

                                             lulusan  sekolah  menengah  umum  dan  daya  tampung  perguruan
                                             tinggi dapat diatasi.

                                                 Dengan  latar  belakang  itu,  maka  sejak  awal  UT  didirikan
                                             dengan  tiga  tujuan  utama:  pertama,  untuk  memberikan

                                             pelatihan/pendidikan  kepada  guru-guru  sehingga  mereka  dapat
                                             melanjutkan  pendidikannya  tanpa  harus  meninggalkan  tugas

                                             rutinnya  sebagai  guru;  kedua,  untuk  memberikan  kesempatan
                                             kepada lulusan sekolah menengah umum yang tidak tertampung

                                             pada  perguruan  tinggi  tatap  muka;  dan  ketiga,  untuk  memberi-
                                             kan kesempatan kepada masyarakat luas yang ingin melanjutkan

                                             pendidikannya  di  tingkat  pendidikan  tinggi  tetapi  tidak  dapat
                                             mengikuti pendidikan tatap muka karena sesuatu hal.

                                                 Saat  ini  UT  telah  mengakomodasi  lebih  dari  satu  juta
                                             mahasiswa  dan  telah  menghasilkan  lulusan  lebih  dari  setengah

                                             juta  alumni,  baik  program  gelar  maupun  nongelar  (diploma).
                                             Jumlah  mahasiswa  yang  paling  banyak  adalah  para  guru,

                                             kemudian mahasiswa nonguru baik mereka yang baru lulus dari
                                             sekolah  lanjutan  umum    maupun  mereka  yang  sudah  lama

                                             bekerja.  Berdasarkan  perkembangan  mahasiswa  tersebut,  kita
                                             dapat  melihat  bahwa  perjalanan  UT  hingga  saat  ini  masih

                                             berada dalam jalur seperti ketika didirikan.
                                                 Undang-undang  Nomor:  14  Tahun  2005  tentang  Guru  dan

                                             Dosen  mewajibkan  antara  lain  semua  guru  berpendidikan
                                             minimal  S1  atau  D4  dan  memiliki  sertifikat  profesi  guru.

                                             Depdiknas  telah  membuat  program  untuk  meningkatkan
                                             kualifikasi  guru  hingga  S1  atau  D4  bagi  mereka  yang  masih

                                             berpendidikan di bawah standar itu.  Di samping itu, Depdiknas
                                             juga  akan  melakukan  sertifikasi  guru  melalui  sejumlah  LPTK  di



                                                                                                                      v
   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21