Page 149 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 149
Frekuensi siaran radio yang ada dirasakan masih belum
memadai dibandingkan dengan mata kuliah (MK) yang ditawar-
kan UT yang berjumlah kurang lebih 900 MK. Hal ini sering
kali dikeluhkan mahasiswa, namun mengingat UT sangat
bergantung kepada instansi lain, dalam hal ini RRI, maka
penambahan jumlah frekuensi siaran tidak dapat dilakukan.
Menyadari hal ini UT mengembangkan kerja sama dalam hal
penyiaran program radio dengan stasiun radio lokal di daerah-
daerah. Kerja sama ini dibina oleh kantor Unit Program Belajar
Jarak Jauh (UPBJJ) yang merupakan perpanjangan tangan UT di
36 (tiga puluh enam) kota yang tersebar di 27 propinsi di
Indonesia. Walaupun usaha kerja sama dengan stasiun siaran
sudah dirintis sejak tahun 1996, namun baru 9 (sembilan)
UPBJJ, yaitu Banda Aceh, Padang, Palembang, Palu, Semarang,
Malang, Purwokerto, Mataram, dan Kupang, yang berhasil
mengadakan kerja sama, itu pun hanya dalam frekuensi yang
sangat terbatas (Huda, N., Padmo D. & Kurniati, S., 2000)
Tutorial Televisi
Media televisi merupakan media yang sangat efektif dan
potensial dalam kemampuannya menyajikan informasi audio-
visual dengan jangkauan yang luas (Verduin, 1991). Karakteris-
tik ini sangat menguntungkan bagi penyampaian bahan ajar
pada pendidikan jarak jauh, tetapi mengingat biaya pengem-
bangan program televisi cukup mahal serta proses dan waktu
yang diperlukan untuk mengembangkan program ini cukup
panjang, maka hampir sebagian besar negara yang mempunyai
lembaga pendidikan jarak jauh menggunakan media televisi
126