Page 147 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 147

UPBJJ  diharapkan  menjalin  kerja  sama  dengan  koran  lokal

                                             sehingga  dapat  menyebarluaskan  materi-materi  tutorial  tertulis.
                                             Di  samping  itu,  materi  tutorial  tertulis  juga  disebarluaskan

                                             melalui  majalah  atau  buletin  yang  diterbitkan  oleh  mahasiswa
                                             (Wardani, 2003).

                                                 Walaupun  tutorial  tertulis  kurang  diminati,  pengembangan
                                             materi  dan  tugas  tutorial  tertulis  terus  diupayakan  dan

                                             dilakukan  oleh  staf  akademik  di  UT  Pusat  di  bawah  koordinasi
                                             Pembantu  Rektor  III.  Pada  tahun  2001,  telah  dihasilkan  120

                                             naskah  tutorial  tertulis  dari  30  mata  kuliah,  dan  pada  tahun
                                             2002  telah  dihasilkan  20  naskah  tutorial  tertulis  dari  20  mata

                                             kuliah.  Pada  tahun  2003,  FMIPA  dan  FKIP  juga  menyelenggara-
                                             kan  tutorial  tertulis,  khususnya  bagi  mata  kuliah  yang  bersifat

                                             hitungan  seperti  matematika  dan  statistika.  Pada  kenyataannya,
                                             tutorial  tertulis  dengan  model  ketiga  yaitu  penyampaian  materi

                                             dan  tugas  tutorial  lebih  banyak  digunakan.  Materi  dan  tugas
                                             tutorial  dikirimkan  secara  langsung  ke  mahasiswa  atau  melalui

                                             UPBJJ.  Mahasiswa  diharapkan  membaca  materi  tutorial  yang
                                             diberikan  dan  menjawab  soal-soal  atau  tugas  yang  diberikan.

                                             Kemudian  jawaban  ini  dikirimkan  ke  fakultas  melalui  pos,
                                             untuk  diberi  umpan  balik.  Umpan  balik  ini  selanjutnya  dikirim-

                                             kan  kembali  kepada  mahasiswa.  Penyelenggaraan  tutorial  tertu-
                                             lis dengan model seperti ini masih berlangsung sampai saat ini,

                                             dan  sejak    tahun  2005  tutorial  tertulis  memiliki  kontribusi  nilai
                                             sebesar 15% terhadap nilai akhir mata kuliah (SK Rektor, 2004).

                                                 Secara  keseluruhan  yang  menjadi  kendala  utama  dalam
                                             penyelenggaraan  tutorial  tertulis  secara  korespondensi  adalah

                                             waktu. Korespondensi antara tutor dengan mahasiswa  memerlu-
                                             kan  waktu  yang  cukup  lama.  Dengan  perhitungan  waktu  rata-



                                             124
   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152