Page 147 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 147
UPBJJ diharapkan menjalin kerja sama dengan koran lokal
sehingga dapat menyebarluaskan materi-materi tutorial tertulis.
Di samping itu, materi tutorial tertulis juga disebarluaskan
melalui majalah atau buletin yang diterbitkan oleh mahasiswa
(Wardani, 2003).
Walaupun tutorial tertulis kurang diminati, pengembangan
materi dan tugas tutorial tertulis terus diupayakan dan
dilakukan oleh staf akademik di UT Pusat di bawah koordinasi
Pembantu Rektor III. Pada tahun 2001, telah dihasilkan 120
naskah tutorial tertulis dari 30 mata kuliah, dan pada tahun
2002 telah dihasilkan 20 naskah tutorial tertulis dari 20 mata
kuliah. Pada tahun 2003, FMIPA dan FKIP juga menyelenggara-
kan tutorial tertulis, khususnya bagi mata kuliah yang bersifat
hitungan seperti matematika dan statistika. Pada kenyataannya,
tutorial tertulis dengan model ketiga yaitu penyampaian materi
dan tugas tutorial lebih banyak digunakan. Materi dan tugas
tutorial dikirimkan secara langsung ke mahasiswa atau melalui
UPBJJ. Mahasiswa diharapkan membaca materi tutorial yang
diberikan dan menjawab soal-soal atau tugas yang diberikan.
Kemudian jawaban ini dikirimkan ke fakultas melalui pos,
untuk diberi umpan balik. Umpan balik ini selanjutnya dikirim-
kan kembali kepada mahasiswa. Penyelenggaraan tutorial tertu-
lis dengan model seperti ini masih berlangsung sampai saat ini,
dan sejak tahun 2005 tutorial tertulis memiliki kontribusi nilai
sebesar 15% terhadap nilai akhir mata kuliah (SK Rektor, 2004).
Secara keseluruhan yang menjadi kendala utama dalam
penyelenggaraan tutorial tertulis secara korespondensi adalah
waktu. Korespondensi antara tutor dengan mahasiswa memerlu-
kan waktu yang cukup lama. Dengan perhitungan waktu rata-
124