Page 112 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 112
Umpan Balik dan Tindak Lanjut, serta buku kerja), Kunci
Jawaban Tes Formatif, dan Daftar Kepustakaan. Komponen-
komponen tersebut ada di setiap modul. Pada periode ini,
pencetakan BMP umumnya dibagi dalam 2 bagian, misalnya
untuk BMP 2 sks, dibuat dalam dua buku, buku pertama
berisikan modul 1-3 dan buku kedua berisi modul 4-6. Mulai
tahun 1988, BMP UT memiliki format BMP yang sama, tetapi
pencetakan untuk setiap mata kuliah dibuat dalam satu buku
tidak lagi dibagi menjadi dua buku. Selanjutnya, pada tahun
1997, ada sedikit perubahan dalam format BMP di mana
Tinjauan Mata kuliah harus dicantumkan dalam BMP pada awal
penyajian materi. Selain itu, TIU dan TIK tidak lagi merupakan
bagian atau judul tersendiri dalam BMP tetapi merupakan
bagian dari pendahuluan yang terdapat dalam setiap modul.
Mulai tahun 2001 beberapa BMP memuat Analisis Instruk-
sional (AI) Mata Kuliah yang diletakkan pada awal penyajian
materi. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada
siswa mengenai kompetensi apa saja yang diharapkan dikuasai
mahasiswa setelah mereka mempelajari BMP. Selanjutnya, pada
tahun 2003, format isi BMP UT tetap sama hanya ditambah
dengan komponen Tugas Mandiri (TM). Pimpinan memutuskan
agar Naskah TM ini diintegrasikan dengan BMP pada saat
dicetak. Tugas Mandiri ini merupakan tugas yang harus disele-
saikan oleh mahasiswa secara mandiri dan memiliki kontribusi
dalam penilaian akhir jika mahasiswa mengirimkannya ke
UPBJJ-UT. Dengan pengintegrasian ini diharapkan seluruh
mahasiswa mendapatkan TM secara langsung pada saat membeli
BMP. Hal ini mengurangi keluhan dan kesulitan mahasiswa
dalam memperoleh TM. Mulai tahun 2003 hampir seluruh BMP
89