Page 112 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 112

Umpan  Balik  dan  Tindak  Lanjut,  serta  buku  kerja),  Kunci

                                             Jawaban  Tes  Formatif,  dan  Daftar  Kepustakaan.    Komponen-
                                             komponen  tersebut  ada  di  setiap  modul.  Pada  periode  ini,

                                             pencetakan  BMP  umumnya  dibagi  dalam  2  bagian,  misalnya
                                             untuk  BMP  2  sks,  dibuat  dalam  dua  buku,  buku  pertama

                                             berisikan  modul  1-3  dan  buku  kedua  berisi  modul  4-6.  Mulai
                                             tahun  1988,  BMP  UT  memiliki  format  BMP  yang  sama,  tetapi

                                             pencetakan  untuk  setiap  mata  kuliah  dibuat  dalam  satu  buku
                                             tidak  lagi  dibagi  menjadi  dua  buku.  Selanjutnya,  pada  tahun

                                             1997,  ada  sedikit  perubahan  dalam  format  BMP  di  mana
                                             Tinjauan  Mata  kuliah  harus  dicantumkan  dalam  BMP  pada  awal

                                             penyajian  materi.  Selain  itu,  TIU  dan  TIK  tidak  lagi  merupakan
                                             bagian  atau  judul  tersendiri  dalam  BMP  tetapi  merupakan

                                             bagian dari pendahuluan yang terdapat dalam setiap modul.
                                                 Mulai  tahun  2001  beberapa  BMP  memuat  Analisis  Instruk-

                                             sional  (AI)  Mata  Kuliah  yang  diletakkan  pada  awal  penyajian
                                             materi.  Hal  ini  bertujuan  untuk  memberikan  gambaran  kepada

                                             siswa  mengenai  kompetensi  apa  saja  yang  diharapkan  dikuasai
                                             mahasiswa  setelah  mereka  mempelajari  BMP.  Selanjutnya,  pada

                                             tahun  2003,  format  isi  BMP  UT  tetap  sama  hanya  ditambah
                                             dengan  komponen  Tugas  Mandiri  (TM).  Pimpinan  memutuskan

                                             agar  Naskah  TM  ini  diintegrasikan  dengan  BMP  pada  saat
                                             dicetak.   Tugas Mandiri ini  merupakan tugas yang harus disele-

                                             saikan  oleh  mahasiswa  secara  mandiri  dan  memiliki  kontribusi
                                             dalam  penilaian  akhir  jika  mahasiswa  mengirimkannya  ke

                                             UPBJJ-UT.  Dengan  pengintegrasian  ini  diharapkan  seluruh
                                             mahasiswa mendapatkan TM secara langsung pada saat membeli

                                             BMP.    Hal  ini  mengurangi  keluhan  dan  kesulitan  mahasiswa
                                             dalam  memperoleh  TM.  Mulai  tahun  2003  hampir  seluruh  BMP



                                                                                                                     89
   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117