Page 111 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 111

Walaupun  UT  menganut  penggunaan  jenis  bahan  ajar  lengkap,

                                             namun ada sejumlah mata kuliah yang bahan ajarnya dikemban-
                                             gkan  dengan  menggunakan  buku  teks  yang  dilengkapi  dengan

                                             panduan  belajar.    Jenis  bahan  ajar  ini  digunakan  untuk  bebera-
                                             pa mata kuliah pada program bahasa Inggris yang dikelola oleh

                                             Lembaga Pengembangan Program Pendidikan Bahasa–UT (LP3B-
                                             UT)  bekerja  sama  dengan  Cambridge  University  di  tahun  1990

                                             dan program pascasarjana yang dikembangkan pada tahun 2001.
                                             Pengembangan  bahan  ajar  dengan  menggunakan  cara  ini  lebih

                                             sederhana  dan  lebih  cepat.  Namun  pada  tahun  2001  pimpinan
                                             UT  memutuskan  untuk  tidak  menggunakan  cara  ini  lagi.

                                             Keputusan  ini  antara  lain  disebabkan  oleh  adanya  perbedaan
                                             karakteristik  buku  teks  dan  bahan  ajar  yang  bersifat  lengkap.

                                             Selain  itu,  sulitnya  memastikan  ketersediaan  buku  teks  di
                                             pasaran  menjadi  salah  satu  faktor  yang  menyebabkan  UT

                                             mengurangi penggunaan buku teks.
                                                 Peningkatan kualitas bahan ajar UT dari berbagai aspek terus

                                             menerus  dilakukan  termasuk  aspek  format  isi  bahan  ajar.
                                             Format  isi  bahan  ajar  yang  bersifat  lengkap  pada  dasarnya

                                             dirancang  untuk  mempermudah  mahasiswa  dalam  mempelajari
                                             bahan ajar. UT kini telah berusia hampir 22 tahun, dalam kurun

                                             waktu  tersebut  perkembangan  format  isi  bahan  ajar  UT  meng-
                                             alami  beberapa  perubahan  dalam  rangka  meningkatkan  kualitas

                                             isi dan tampilan.
                                                 Pada  periode  1984–1987,  format  isi  bahan  ajar  cetak  UT

                                             secara umum  memiliki beberapa komponen yaitu: Pendahuluan,
                                             Tujuan  Instruksional  Umum  (TIU),  Tujuan  Instruksional  Khusus

                                             (TIK),  Kegiatan  Belajar  (yang  meliputi:  Uraian  dan  Contoh,
                                             Latihan,  Petunjuk  Jawaban  Latihan,  Rangkuman,  Tes  formatif,



                                             88
   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116