Page 111 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 111
Walaupun UT menganut penggunaan jenis bahan ajar lengkap,
namun ada sejumlah mata kuliah yang bahan ajarnya dikemban-
gkan dengan menggunakan buku teks yang dilengkapi dengan
panduan belajar. Jenis bahan ajar ini digunakan untuk bebera-
pa mata kuliah pada program bahasa Inggris yang dikelola oleh
Lembaga Pengembangan Program Pendidikan Bahasa–UT (LP3B-
UT) bekerja sama dengan Cambridge University di tahun 1990
dan program pascasarjana yang dikembangkan pada tahun 2001.
Pengembangan bahan ajar dengan menggunakan cara ini lebih
sederhana dan lebih cepat. Namun pada tahun 2001 pimpinan
UT memutuskan untuk tidak menggunakan cara ini lagi.
Keputusan ini antara lain disebabkan oleh adanya perbedaan
karakteristik buku teks dan bahan ajar yang bersifat lengkap.
Selain itu, sulitnya memastikan ketersediaan buku teks di
pasaran menjadi salah satu faktor yang menyebabkan UT
mengurangi penggunaan buku teks.
Peningkatan kualitas bahan ajar UT dari berbagai aspek terus
menerus dilakukan termasuk aspek format isi bahan ajar.
Format isi bahan ajar yang bersifat lengkap pada dasarnya
dirancang untuk mempermudah mahasiswa dalam mempelajari
bahan ajar. UT kini telah berusia hampir 22 tahun, dalam kurun
waktu tersebut perkembangan format isi bahan ajar UT meng-
alami beberapa perubahan dalam rangka meningkatkan kualitas
isi dan tampilan.
Pada periode 1984–1987, format isi bahan ajar cetak UT
secara umum memiliki beberapa komponen yaitu: Pendahuluan,
Tujuan Instruksional Umum (TIU), Tujuan Instruksional Khusus
(TIK), Kegiatan Belajar (yang meliputi: Uraian dan Contoh,
Latihan, Petunjuk Jawaban Latihan, Rangkuman, Tes formatif,
88