Page 109 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 109
serta fleksibilitas penggunaannya. Pertimbangan-pertimbangan
tersebut tidak hanya terjadi pada negara berkembang tetapi juga
pada negara maju. Dalam kurun waktu 22 tahun, pengem-
bangan bahan ajar cetak UT yang dikenal dengan sebutan
modul atau Buku Materi Pokok (BMP) dari waktu ke waktu
mengalami perbaikan, baik dari aspek pola tim pengembang-
annya, format isi, maupun kemasannya.
Pola Pengembangan Bahan Ajar Cetak
Sejak awal UT menggunakan pola tim penulis – editor dalam
mengembangkan bahan ajar. Pola ini melibatkan dua profesi
yaitu penulis dan editor. Penulis memiliki keahlian dalam
bidang materi yang akan disampaikan dan editor memiliki
keahlian dalam mengemas materi dalam format sajian yang telah
ditetapkan. Untuk memperlancar proses pengembangan bahan
ajar, UT dibantu oleh para ahli materi/pengajar dari berbagai
perguruan tinggi negeri yang terbaik di tanah air sebagai
penulis, seperti UI, UGM, IPB, ITB, UNAIR, UNPAD, UNHAS,
UNDIP, UNJ, UPI, dan lain-lain. Sementara tenaga editor adalah
staf UT yang bertugas mengemas materi yang ditulis oleh ahli
materi dalam format yang ditentukan.
Dengan menggunakan tenaga-tenaga pengajar dari universi-
tas ternama di Indonesia tersebut, bahan ajar UT mempunyai
nilai akademik yang sangat tinggi dan berkualitas, sehingga
pada kenyataannya modul/BMP UT tidak saja dimanfaatkan oleh
mahasiswa UT, tetapi juga digunakan oleh mahasiswa dari
berbagai perguruan tinggi lain baik negeri maupun swasta.
Banyaknya mahasiswa perguruan tinggi lain yang menggunakan
86