Page 110 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 110
BMP-UT sebagai bahan belajar merupakan kebanggaan tersen-
diri bagi UT. Hingga saat ini jumlah tenaga ahli dari PTN lain
yang terlibat dalam penulisan modul/BMP UT hampir mencapai
97% dari seluruh modul yang pernah dan sedang dikembangkan
oleh UT. Tabel berikut menggambarkan sebaran penulis modul
Tabel 1. Sebaran penulis modul UT
dari empat fakultas yang ada di lingkungan UT.
NO. FAKULTAS JUMLAH Pengembangan bahan ajar cetak dengan menggunakan pola
1. FKIP 639
Penulis – Editor terus berlangsung hingga saat ini. Namun di
2. FMIPA 207
tengah-tengah perjalanannya, UT mencoba untuk menggali
3. FISIP 337
berbagai pendekatan penulisan bahan ajar. Pada tahun 1999 UT
4. FEKON 107
dengan bantuan dana dari DIKTI melakukan inovasi untuk
T o t a l 1288
mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan Pola Tim
Sumber: PPBAC, 2004
Pengembangan Bahan Ajar, yang melibatkan sejumlah tenaga
ahli baik ahli materi maupun ahli media dan ahli disain
instruksional. Pola ini ternyata tidak mudah untuk dilaksana-
kan, karena semakin banyak personel yang terlibat dalam
sebuah pengembangan bahan ajar semakin sulit untuk mengoor-
dinasikan kegiatannya. Namun tekad ini tetap berjalan walau
hanya khusus untuk bahan ajar program pascasarjana. sedang-
kan pengembangan bahan ajar untuk program diploma dan
sarjana tetap menggunakan pola Penulis-Editor.
Perkembangan Format Isi Bahan Ajar Cetak
Bahan ajar cetak UT berisi materi ajar yang harus dikuasai
oleh mahasiswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan dalam garis–garis Besar Program Pembelajaran
(GBPP) yang dikenal dengan sebutan bahan ajar lengkap. Hal
ini berarti bahwa untuk mencapai tujuan belajar yang telah
ditentukan, mahasiswa cukup mempelajari bahan ajar tersebut.
87