Page 110 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 110

BMP-UT  sebagai  bahan  belajar  merupakan  kebanggaan  tersen-

                                             diri  bagi  UT.    Hingga  saat  ini  jumlah  tenaga  ahli  dari  PTN  lain
                                             yang  terlibat  dalam  penulisan  modul/BMP  UT  hampir  mencapai

                                             97% dari seluruh modul yang pernah dan sedang dikembangkan
                                             oleh UT.  Tabel berikut menggambarkan  sebaran penulis  modul
     Tabel 1. Sebaran penulis modul UT
                                             dari empat fakultas yang ada di lingkungan UT.

       NO.     FAKULTAS        JUMLAH            Pengembangan  bahan  ajar  cetak  dengan  menggunakan  pola
        1.        FKIP           639
                                             Penulis  –  Editor  terus  berlangsung  hingga  saat  ini.    Namun  di
        2.       FMIPA           207
                                             tengah-tengah  perjalanannya,  UT  mencoba  untuk  menggali
        3.        FISIP          337
                                             berbagai pendekatan penulisan bahan ajar.  Pada tahun 1999 UT
        4.       FEKON           107
                                             dengan  bantuan  dana  dari  DIKTI  melakukan  inovasi    untuk
                 T o t a l      1288
                                             mengembangkan  bahan  ajar  dengan  menggunakan  Pola  Tim
      Sumber:  PPBAC, 2004
                                             Pengembangan  Bahan  Ajar,  yang  melibatkan  sejumlah  tenaga
                                             ahli  baik  ahli  materi  maupun  ahli  media  dan  ahli  disain
                                             instruksional.    Pola  ini  ternyata  tidak  mudah  untuk  dilaksana-

                                             kan,  karena  semakin  banyak  personel  yang  terlibat  dalam
                                             sebuah pengembangan bahan ajar semakin sulit untuk mengoor-

                                             dinasikan  kegiatannya.    Namun    tekad  ini  tetap  berjalan  walau
                                             hanya  khusus  untuk  bahan  ajar  program  pascasarjana.  sedang-

                                             kan  pengembangan  bahan  ajar  untuk  program  diploma  dan
                                             sarjana tetap menggunakan pola Penulis-Editor.


                                             Perkembangan  Format Isi  Bahan Ajar Cetak

                                                 Bahan  ajar  cetak  UT  berisi  materi  ajar  yang  harus  dikuasai
                                             oleh  mahasiswa  sesuai  dengan  tujuan  pembelajaran  yang  telah

                                             ditetapkan  dalam  garis–garis  Besar  Program  Pembelajaran
                                             (GBPP)  yang  dikenal  dengan  sebutan  bahan  ajar  lengkap.    Hal

                                             ini  berarti  bahwa  untuk  mencapai  tujuan  belajar  yang  telah
                                             ditentukan,  mahasiswa  cukup  mempelajari  bahan  ajar  tersebut.



                                                                                                                     87
   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115