Page 69 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 69

No   Kelebihan Menggunakan CAC Kelemahan Menggunakan CAC
                     5    Baku mutu atau standar emisi  Karena kebijakan regulasi
                          dapat dengan mudah ditentukan  dibuat atas persetujuan antara
                          berdasarkan pada teknologi  pemerintah  dan  anggota
                          atau peralatan tertentu      DPR, maka tidak jarang terjadi
                                                       proses kompromi dalam proses
                                                       pembuatannya

                     6    Dapat merespon lebih cepat  Karena  peraturan  membuat
                          terhadap aktivitas bagi  batasan pada level maksimum,
                          pihak-pihak yang tidak dapat  maka   pencemar    bebas
                          memenuhi persyaratan yang    mengeluarkan polusi, sejauh itu
                          telah ditentukan             berada di bawah batas nilai baku
                                                       yang ditentukan
                     7    Dalam    banyak    kondisi, CAC simpel tetapi masih sulit
                          instrumen CAC lebih efektif  dalam menghadapi masalah
                          dalam mengendalikan polutan  teknis yang berhubungan dengan
                          yang berbahaya seperti timbal  apa yang membahayakan dan
                          (Pb), Merkuri (Hg), Arsen, POPs  dalam jumlah berapa polusi
                          (Persistant Organic Pollutants)  membahayakan, oleh karena
                          yang membahayakan kesehatan  itu kebijakan ini tidak dapat
                          manusia.                     sepenuhnya digunakan untuk
                                                       mengatasi masalah eksternalitas

                          Untuk dapat memahami mengenai kebijakan regulasi (CAC),
                    ada baiknya kita melihat batas baku mutu yang ada pada peraturan
                    Menteri  Lingkungan  Hidup  dan  Kehutanan  No.P.15  /MNLHK/
                    SETJEN/KUM.I/4/2019 dan peraturan Gubernur Propinsi DKI No.31
                    Tahun 2008.  Pada Tabel 2.3 diberikan baku mutu untuk sumber
                    tetap dari PLTMG, dan nilai baku mutu untuk kendaraan pada Tabel
                    2.4 dan Tabel 2.5, nilai pada tabel merupakan nilai maksimum dari
                                                                                           KEBIJAKAN PENGENDALIAN LINGKUNGAN
                    baku mutu telah ditetapkan berdasarkan peraturan Gubernur DKI
                    No.31 Tahun 2008. Pertanyaannya adalah dari mana nilai batas
                    baku mutu tersebut didapat? kalau kita lihat dari perbedaan nilai
                    maksimum berdasarkan tahun pembuatan, maka dapat dipastikan
                    bahwa nilai tersebut didapat berdasarkan faktor teknologi, artinya
                    pada rentang beberapa tahun terjadi perubahan teknologi dan
                    inovasi-inovasi teknologi yang dilakukan oleh fabrikan, sehingga





                                                                                           39



        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   39               11/3/2023   4:11:10 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   39
                                                                                11/3/2023   4:11:10 PM
   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74