Page 52 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 52
ini dilakukan dengan cara menentukan “cap” atau limit pada level
22
maksimum dari emisi yang dikeluarkan pada periode tertentu, dan
mendistribusikan izin atau “allowance” untuk tiap-tiap unit dari gas
rumah kaca diantara perusahaan-perusahaan yang mengeluarkan
atau memproduksi emisi. Beberapa perusahaan mudah atau lebih
murah untuk mengurangi emisi dari pada perusahaan lainnya,
oleh karena itu mereka dapat menjual izinnya kepada perusahaan
dengan biaya untuk mengurangi emisi yang lebih besar, artinya
perdagangan karbon terjadi antara pihak pembuang emisi dengan
biaya abatemen yang besar dan pembuang emisi dengan biaya
abatemen yang kecil. Akan tetapi hal ini masih terjadi perdebatan
apakah kebijakan ini efektif dapat diterapkan antar negara dan
antar sektor industri.
Berdasarkan pada prinsip 3P banyak negara Eropa
mendisain instrumen fiskal untuk penggunaan kendaraan atau
sektor transportasi yang berkelanjutan. Misalnya di negara Swedia
menggunakan kebijakan pajak bahan bakar dan pajak kendaraan,
di negara-negara OECD mereka menggunakan kebijakan
‘Variabilisation and Differentiation Strategies in Road Taxation”.
Kebijakan fiskal termasuk pajak bahan bakar, pajak kendaraan, dan
infrastuktur digunakan sebagai akibat meningkatnya polusi yang
disebabkan oleh kendaraan dan kemacetan lalu lintas. Pajak bahan
Pajak Karbon dan Pajak Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
bakar dimaksudkan agar pengguna kendaraan dapat mengurangi
konsumsi bahan bakar, yang pada gilirannya akan mengurangi
dampak polusi kendaraan. Di lain pihak, pajak ini juga dimaksudkan
untuk mendorong pabrikan kendaraan melakukan inovasi-inovasi
agar kendaraan yang mereka buat dapat menggunakan bahan
bakar seefisien mungkin dan mendorong pabrikan untuk mencari
alternatif pengganti bahan bakar fosil ke bahan bakar ramah
lingkungan. India misalnya mengenakan pajak bahan bakar bensin
kendaraan yang lebih tinggi sedangkan natural gas dan biofuel
tidak dikenakan pajak. China juga mengenakan pajak bahan
bakar bensin lebih tinggi dari pada diesel sedangkan natural gas
11/3/2023 4:11:10 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 22 11/3/2023 4:11:10 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 22