Page 277 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 277

di  aksespada  https://www.faa.gov/air_traffic/publications/atpubs/
                    cnt_html/appendix_a.html

                          Pajak karbon tidak mendapatkan persetujuan dari mayoritas
                    anggota partai Republik di Congres (Parlemen). Isu mengenai
                    pajak karbon pada level nasional  tidak berlaku pada pajak
                    negara bagian (federal) artinya setiap negara bagian memiliki
                    kebijakan masing-masing. Pembuat kebijakan menyarankan
                    untuk melihat kekhawatiran oleh banyak pihak mengenai masalah
                    “Competitiveness”. Masalah “Competitiveness” sangat sulit untuk
                    dapat diterima pada setiap negara bagian dalam rangka penerapan
                    pajak karbon yang terlalu tinggi, karena masalah persaingan
                    kompetitif dan “leakage” antar negara bagian. Sebagai contoh jika
                    kita mengendarai kendaraan di luar negara bagian tertentu untuk
                    mengisi bahan bakar bensin dimana negara bagian tersebut tidak
                    mengenakan pajak, sementara negara bagian yang lain mengenai
                    pajak. Usulan untuk menggunakan pendapatan dari pajak karbon
                    untuk mengurangi pajak dari kegiatan bisnis dapat mengurangi
                    sedikit  kekhawatiran  dari dampak  ekonomi  yang ditimbulkan
                    dengan adanya pajak karbon.
                          Masalah efisiensi juga menjadi isu kekhawatiran pada tingkat
                    negara bagian. Biaya administrasi dapat menjadi tidak proporsional,
                    lebih tinggi untuk pajak pada tingkat nasional dengan adanya
                    pergerakan cross-border yang tinggi antar negara bagian, misalnya
                    untuk tenaga listrik dan bahan bakar di antara negara bagian dan
                                                                                           IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UNTUK SUMBER EMISI
                    juga antara negara di luar Amerika. Pada beberapa negara bagian
                    aturan mengenai sektor utilitas (listrik) sangat komplek, sehingga
                    mengenakan pajak bahan bakar berbasis fosil cukup dilakukan di
                    hulu (upstream)..

                          Masalah kebijakan lokal menjadi isu penting. Setiap negara
                    bagian  memiliki  kebijakan masing-masing.  Seperti  di negara
                    bagian Oregon, konstitusinya mengharuskan setiap pendapatan
                    dari pajak bahan bakar (gasoline) harus disimpan dalam “highway
                    trust fund”. Di negara bagian Washington pendapatan pajak karbon





                                                                                           247



        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   247
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   247              11/3/2023   4:11:19 PM
                                                                                11/3/2023   4:11:19 PM
   272   273   274   275   276   277   278   279   280   281   282