Page 117 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 117
merupakan kumpulan dari intensi (keinginan) dan determinasi (pengarahan) yang dimiliki oleh
seseorang untuk mencapai apa yang dinginkannya. Faktor tersebut tentunya bersifat internal
sehingga jika individu tersebut belum sepenuhnya menyadari hal itu maka tidak mungkin bisa
memunculkan perilaku untuk memelajari suatu hal. Konsep ini tidak hanya terjadi dalam materi
bahasa Inggris semata, dalam semua mata pelajaran sendiri diperlukan ketertarikan atau minat
personal untuk mempelajari suatu hal. Fakta tersebut kemudian membuat banyak guru untuk
menciptakan berbagai metode yang efektif supaya siswa bisa memanfaatkan fasilitas yang ada
sebagai media pembelajarannya. Dalam hal ini yaitu dengan penggunaan konten internet.
Personal
Values
Effective
Facilitates
Media & Tutor
Gambar 27. Optimalisasi Konten Internet untuk Pembelajaran
Studi yang dilakukan oleh Anwas dkk. (2018) tersebut mendeskripsikan bahwa
penggunaan konten internet dalam bahasa Inggris sangat ditentukan oleh beberapa faktor.
Dalam studi yang dilakukan tersebut, peneliti menggunakan seperangkat kuesioner yang berisi
tentang bagaimana siswa memahami bahasa Inggris melalui konten internet dan bagaimana hal
itu memunculkan ketertarikan mereka untuk memahaminya. Faktor pertama yang paling
pertama muncul adalah personal values. Faktor tersebut meliputi atribut-atribut psikologis
yang dalam studi ini diidentifikasi sebagai minat atau interest. Ketika seorang siswa merasa
tertarik terhadap konten yang ada maka secara langsung mereka akan mempelajari hal itu.
Faktor berikutnya adalah adanya media teknologi dan pengajar yang mampu menjadi fasilitator
106 Pendidikan Untuk Generasi Z