Page 121 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 121
media sosial mereka. Hal tersebut semakin meningkat ketika materi yang disajikan berkaitan
dengan apa yang mereka sukai. Adapun secara spesifik, konten bahasa Inggris yang berkaitan
langsung dengan pembelajaran meliputi pemutaran video atau animasi, informasi tertulis atau
teks, audio dan simulasi atau kegiatan berlatih. Informasi lainnya juga menyebutkan bahwa fitur-
fitur meliputi lagu-lagu berbahasa Inggris, film berbahasa Inggris, permainan dan berita dalam
Inggris.
Sumber Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Internet
Globalisasi menuntut siswa untuk mengeskplor banyak hal di internet. Istilah lain yang
seringkali dipakai untuk menunjukkan mereka yang aktif di internet adalah digital native. Istilah
digital native mengacu orang-orang yang sudah terikat oleh komputer dan internet sejak masa
kecil hingga dewasa, lalu mereka tidak menggunakan buku manual sebagai pembelajarannya.
Mereka mampu untuk mencari dan memperoleh berbagai materi yang diinginkan hanya dengan
menggunakan media sosialnya.
a. Diri Sendiri
Anak-anak yang dibesarkan dengan teknologi sudah terbiasa dengan fitur dan menu yang
tersedia dalam media sosial. Kebiasaan mereka dalam menggunakan hal itu membantu
mereka dalam mendapatkan dan mengakses informasi apapun yang diinginkan.
b. Teman Sebaya
Teman sebaya memberikan pengaruh yang besar dalam menggali informasi terkait
pembelajaran. Teman yang baik tentunya akan menjadi penyemangat bagi mereka yang
kesulitan dalam belajar, bahkan sebagian siswa merasa bersemangat ketika bisa belajar
bersama dengan teman-temannya. Salah satu tantangan yang dihadapi generasi Z saat ini
adalah membangun kerjasama dan kolaborasi dengan banyak orang.
c. Guru
Guru berperan dalam memberikan contoh atau model yang baik bagaimana cara belajar
yang efektif dari internet. Mereka pula dapat menunjukkan pada siswa bagaimana cara
memanfaatkan berbagai fitur sampai proses latihan dan evaluasi.
110 Pendidikan Untuk Generasi Z