Page 116 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 116
membahas penggunaan media sosial dalam meningkatkan kemampuan seseorang dalam
mempelajari bahasa Inggris. Sedangkan studi yang terkahir berfokus pada perilaku generasi Z
terhada penggunaan internet dalam proses pembelajaran. Ketiga studi tersebut sangat penting
untuk dikaji mengingat hasil dari penelitiannya memberikan pemahaman kepada guru, sekolah
dan peserta didik itu sendiri bagaimana cara kita dalam memanfaatkan keberadaan internet
dalam proses pembelajaran.
2. Penggunaan Konten Internet dalam Meningkatkan Ketertarikan Terhadap Materi
Studi ini dilakukan oleh Anwas dkk. (2018) dengan berfokus pada bagaimana siswa
menggunakan konten yang ada dalam internet sebagai media dalam memelajari suatu materi.
Materi yang dijadikan sebagai objek dalam kajian ini adalah materi pelajaran bahasa Inggris.
Peneliti beranggapan bahwa materi bahasa Inggris itu merupakan salah materi yang paling
lemah dikuasai oleh kebanyakan siswa di Indonesia. Beberapa alasan yang mengindikasikan
bahwa materi bahasa Inggris perlu untuk dioptimalkan diantaranya adalah:
• Masih belum banyaknya metode efektif yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam
memahami materi tersebut
• Adanya anggapan yang sudah terbentuk dalam pikiran siswa kalau materi tersebut adalah
materi yang sulit salah satunya karena itu bukan bahasa ibu di kita
• Materi kebahasaan bisa sangat optimal jika didukung oleh aktivitas praktik di lingkungan
siswa berada
• Komunikasi yang dibangun antara guru dan siswa tidaklah dinamis, padahal materi bahasa
Inggris akan mudah dipahami jika keduanya tertarik dan terlibat aktif untuk sama-sama
mempelajarinya
Dari berbagai fakta-fakta yang ditemukan oleh peneliti dalam tulisannya tersebut, salah
satu faktor terbesar yang membuat pembelajaran bahasa Inggris itu mudah dipahami yaitu
adanya interest atau ketertarikan yang muncul secara personal dari diri siswa untuk
mempelajari dan menguasai materi tersebut. Dalam konsep psikologi sendiri, ketertarikan
Pendidikan Untuk Generasi Z 105