Page 25 - 30 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa: Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Berprestasi Tahun 2014 Jilid II
P. 25
30 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa UPBJJ-UT Malang
Prof. Dr. Ir. Hj. Siti Rasminah Ch. S.
Wanita kelahiran Banyuwangi, 24 September 1941 Saat menjadi orang pertama pada UPBJJ-UT Malang, menerus sehingga terlihat hasilnya,” kenangnya.
ini merupakan Kepala UPBJJ-UT Malang ketiga Siti Rasmina mempunyai visi untuk menjadikan Menurut ibu dari Noer Rahmi Ardiarini, Nur Aini
yang menggantikan Prof. Dr. Soekartawi, M.Sc. Siti UPBJJ-UT Malang sebagai contoh terbaik dalam Hidayati, dan Nur Endah Nufida ini, jumlah
Rasminah memimpin UPBJJ selama dua periode. penyebaran informasi tentang pendidikan jarak pelaksanaan tutorial pada saat itu masih kurang.
Periode pertama tahun 1995-1998 dan periode jauh, khususnya di kota Malang. Misi pribadinya Ia pun berinisiatif untuk meningkatkan pertemuan
kedua tahun 1998-2002. Sebelumnya Siti Rasminah adalah meningkatkan kualitas akademik, angka tutorial menjadi lebih intensif.
telah menjadi guru besar pada Fakultas Pertanian partisipasi mahasiswa, dan manajemen internal.
Universitas Brawijaya. Hal yang sangat berkesan bagi wanita yang
Pada saat itu dia melakukan berbagai terobosan, mempunyai hobi berkebun dan memasak ini
diantaranya melakukan kerja sama dengan adalah panggilan rektor dari para mahasiswa dan
BRI dalam rangka registrasi mahasiswa dan pengurus pokjar. Mereka menganggap Kepala
mengingatkan mahasiswa pasif untuk mendaftar UPBJJ–UT itu Rektor UT di daerah. “Satu hal yang
kembali, pendekatan pengelolaan tutorial, paling berkesan bagi saya adalah tingginya rasa
penataan pengujian dalam hal ketersediaan memiliki antar para staf UPBJJ-UT. Kami itu sudah
soal, pengamanan, kerahasiaan dan percepatan seperti keluarga sendiri,” ceritanya. Inilah yang
pemrosesan hasil ujian. mempererat hubungan emosional dan perasaan
sesama staf UPBJJ-UT layaknya keluarga besar.
Hal terbaik yang dia capai kala itu adalah terjadinya
peningkatan jumlah partisipasi mahasiswa yang Harapannya pada UT pun dia sampaikan,”Semoga
diakibatkan adanya perbaikan dalam hal pelayanan visi dan misi UT dapat dilaksanakan dengan baik
kepada mahasiswa dan pemberian kesempatan sehingga nantinya betul-betul bisa jadi kebanggaan
menjadi mahasiswa UT. “Saat itu perbaikan perguruan tinggi khususnya dalam sistem belajar
pelayanan dilakukan secara sistematis dan terus jarak jauh di Indonesia”.
18 19