Page 7 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 7

lmp/ementasi Good Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                               Buku  ini  disusun  dengan  maksud  agar  UT  memiliki  dokumentasi  praktik
                               baik  dalam  implementasi   good  governance  dan  jaminan  kualitas.
                               Pendokumentasian  dilakukan  oleh  pimpinan  dan  pegawai  pada  bidang
                               masing-masing,  sehingga  tulisan-tulisan  yang  disampaikan  kaya  akan
                               informasi  detil  yang  berkaitan  dengan  bidang tersebut.  Buku  ini  terdiri  dari
                               14 Bab,  Bab  I tentang  konsep dan  strategi  implementasi  GG di  UT,  BAB  2
                               sampai  dengan  BAB  12  menguraikan  tentang   bagaimana  konsep  GG
                               menjiwai  pelaksanaan  kegiatan  di  UT  mulai  dari  pengembangan  program
                               studi,  kurikulum,  bahan  ajar sampai  dengan  pengembangan  sistem  jaminan
                               kualitas  di  UT.  BAB  13  menyajikan  tentang  apa  yang  telah  dicapai  UT
                               berkat  penerapan  konsep  GG  dan  TQM.  Pada  Bab  14,  disajikan  tentang
                               pembelajaran yang dipetik dari  implementasi prinsip-prinsip GG dan TQM.
                               Urutan  penyajian  sengaja  disusun  seperti  itu,  yaitu  pembaca  memiliki
                               gambaran  tentang  bagaimana  UT  memahami  dan  mendefinisikan  GG  dan
                               TQM.  Lalu  pembaca akan  dibawa ke dalam  implementasi GG dan TQM di
                               dalam  berbagai  bidang  di  UT.  Bidang-bidang  yang  diuraikan  dalam  buku
                               adalah  bidang akademik (bahan  ajar,  tutorial,  ujian),  bidang penelitian  dan
                               abdimas,  bidang manajemen (keuangan, sarana, dan  SDM), bidang promosi
                               dan  marketing,  dan  jaminan  kualitas.  Pembahasan  tentang  implementasi
                               GG  dan  TQM  di  UPBJJ  disajikan  tersendiri  pada  Bab  11.  Pembahasan
                               tentang  UPBJJ  disajikan  dalam  bab  tersendiri  karena  UPBJJ  memiliki
                               kekhasan  yang berbeda dengan  bidang tugas di  UT Pusat.
                               Akhirnya  kami  berharap  agar  buku  ini  mampu  menjadi  referensi  dalam
                               setiap  pembahasan dan  implementasi tentang GG dan TQM .



                                                            Editor







                                                            Agus Joko Purwanto












                               vi
   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12