Page 6 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 6

Pendahuluan
















                                      Ketika  demokrasi  menjadi  mainstream  dalam  penyelenggaraan
                                      pelayanan  publik   maka  stakeholders  juga  menempati  posisi
                                      yang semakin  penting.  Stakeholders  menuntut antara  lain  agar
                                      mereka  terlayani  dengan  baik,  dana  yang dibayarkan  digunakan
                                      secara  efektif dan  efisien,  ada  kepastian  tentang  pelayanan  yang
                                      diterimanya,  mandat  yang  diberikan  dapat  dilaksanakan,  dan
                                      bahkan  stakeholders  juga  menghendaki  peran  serta  dalam
                                      perumusan   target-target   strategisnya.   Para   penyelenggara
                                      pelayanan   publik,   pemerintah   maupun   nonpemerintah,
                                      menjawabnya    dengan    mengembangkan     konsep   good
                                      governance  atau  tata  kelola  yang  baik.  Konsep  ini  menekankan
                                      pada   terciptanya   suatu   proses   penggunaan   anggaran,
                                      pelaksanaan  pekerjaan,  dan  penyediaan  produk barang dan  jasa
                                      kepada publik yang dapat dipertanggungjawabkan.
                                      Sebagai  instansi  Pemerintah,  Universitas  Terbuka  (UT)  secara
                                      formal  telah  menetapkan  GG  dalam  Renstra  tahun  2001-2005
                                      sebagai   landasan   membangun   budaya   organisasi   dan
                                      membangun  karakter  organisasi  yang  akuntabel,  efisien,  efektif,
                                      partisipatif,   dan  taat  hukum.   Setiap  program,  kegiatan,  dan
                                      masalah  selalu  disusun,  dilaksanakan,  dan  diselesaikan  dengan
                                      pendekatan  GG.  Hasilnya  adalah  UT  memperoleh  pengakuan
                                      kualitas  penyelenggaraan  secara  lnternasional  oleh  International
                                      Council  of  Distance  Education  (!COE)  tahun  2005  dan  mulai
                                      memperoleh  ISO  pada  tahun  2006.  Di  samping  itu,  dalam
                                      kegiatan  manajemen  juga  tidak  ditemukan  adanya  indikator
                                      penyimpangan dalam  melaksanakan  pekerjaan.





                                                                                             v
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11