Page 180 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 180

164
                                    Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital

                           pada judul keempat yang diberikan oleh peneliti, masih ada mahasiswa yang
                           tertarik untuk mengkaji lebih dalam kebenaran berita tersebut sebanyak 32
                           orang.  Sebanyak  15  mahasiswa,  tidak  peduli  dengan  berita  ini.  Dengan
                           demikian,  suatu  judul  dan  korelasi  dengan  bidang  keilmuan  mereka,
                           mempengaruhi ketertarikan mereka untuk mengkaji lebih lanjut.
                               Setelah  mereka  membaca  judul,  peneliti  menyajikan  isi  beritanya.
                           Tanggapan  mereka  yang  percaya  dengan  berita  tersebut  mengalami
                           perubahan.  Mereka  yang  penasaran  dan  mencari  sumber  yang  relevan
                           sebanyak  34  mahasiswa.  Mereka  yang  percaya  sebanyak  10,  untuk  yang
                           ragu‐ragu  dan  tidak  peduli  hasilnya  masih  sama  dengan  saat  mereka
                           membaca  judul.  Dengan  demikian  dapat  disimpulkan  bahwa  suatu  judul
                           berita mempengaruhi minat mahasiswa biologi dalam membaca. Mahasiswa
                           akan tertarik dengan judul yang memiliki korelasi dengan bidang mereka.

                           Upaya Membangun Sikap Kritis Mahasiswa
                               Sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa harus memiliki sikap kritis
                           dalam menyikapi informasi yang ada di media sosial. Melalui penelitian yang
                           dilakukan oleh peneliti, mereka mulai memahami bahwa setiap berita yang
                           beredar  di  media  sosial  perlu  dilakukan  kajian  lebih  lanjut.  Kajian  yang
                           dilakukan  berupa  mencari  media  lain  yang  relevan  untuk  melihat
                           kebenarannya.  Selain  membaca  media  lain,  mereka  dapat  membaca  hasil
                           penelitian yang sudah dipublikasikan.
                               Upaya  lainnya  yang  dapat  dilakukan  adalah  penginformasian  dampak
                           dari berita hoax yang beredar di media sosial. Dampak yang harus diketahui
                           oleh  mereka,  adalah  dampak  negatif  dari  berita  tersebut  dalam  jangka
                           panjang. Setelah mereka mengetahui dampak eskalasi berita hoax, mereka
                           akan menyadari pentingnya esensi suatu berita. Sudah sepantasnya esensi
                           berita yang objektif, faktual, dan terpercaya dinikmati oleh masyarakat luas.

                           Kesimpulan
                               Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan
                           bahwa  mahasiswa  Biologi  semester  II  UIN  Syarif  Hidayatullah  Jakarta,
                           mampu berpikir kritis dan logis. Hal ini didapatkan setelah meneliti selama 4
                           bulan  dengan  memberikan  4  berita  yang  berbeda.  Pada  berita  pertama,
                           ketika mereka membaca judul, sebanyak 36 mahasiswa berpikir kritis dalam
                           menyikapi  berita,  dan  4  orang  tidak  peduli  dengan  berita  yang  pertama.
   175   176   177   178   179   180   181   182   183   184   185