Page 206 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 206

buat catatan-catatan, dilanjutkan dengan diskusi kelompok belajarnya yang
         biasanya  terdiri  dari  dua sampai  lima  orang  di  sekolah  tempat  mereka
         mengajar.
            Kesulitan-kesulitan  yang  tidak  bisa dipecahkan  dalam  diskusi,  bisa
         dicarikan pemecahannya kepada nara sumber yang  ada di  sekitar tempat
         tinggal  mereka,  atau  mengirimkan  permasalahan  tersebut  ke  Sanggar
         Tekkom  untuk  mendapatkan jawaban  baik  melalui  surat  atau  siaran  ra-
         dio.  Jawaban melalui siaran radio ini dikelola oleh Sanggar Tekkom dan
         disiarkan satu kali dalam seminggu.
            Untuk  mencapai  waktu  belajar  Diklat  yang  telah  ditetapkan,  setiap
         pesena wajib  mengikuti siaran, dilanjutkan dengan berdiskusi selama  10
         inenit.  Untuk menunjang terselenggaranya kegiatan belajar tersebut, siaran
         radio  dirancang  untuk  bisa  disiarkan  pada  saat jam  istirahat  sekolah.
         Dengan mengambil  waktu istirahat itu,  guru-guru yang  tergabung dalam
         kelonpok  belajar  di  setiap  sekolah  mempunyai  kesempatan  untuk  men-
         diskusikan  materi yang disampaikan lewat siaran radio.
            Agar penyampaian materi bisa lebih dimengerti -- sesuai dengan prin-
         sip penyampaian pesan melalui  media radio yang bersifat satu arah -- di-
         perlukan pengulangan siaran.  Pengulangan siaran ini bermanfaat baik un-
         tuk  peserta  yang  telah  mengikuti  siaran  pada  pagi  harin juga sekaligus
         untuk memberi kesempatan kepada peserta yang tidak sempat mengikuti
         siaran  pada  pagi  hari.  Dengan  demikian  mereka  tidak  tertinggal  dari
         teman-teman  kelompok  belajarnya,  karena  mempunyai  kesempatan
         mengikuti siaran  radio di rurnah masing-masing pada sore hari.


         Penilaian  Hasil  Belajar
            Penilaian hasil belajar, yang untuk selanjurnya disebut penilaian, dila-
         kukan untuk mengukur kemampuan peserta dalam mernahami materi yang
         disampaikan selama satu paket.  Dengan demikian penilaian dilakukan se-

                                        205
   201   202   203   204   205   206   207   208   209   210   211