Page 105 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 105
tif dan efisien nampaknya perlu memperhatikan beberapa faktor seba-
gaimana diidentifikasikan Ely (1995) berikut ini:
1. Ketidakpuasan akan keadaan status quo. Para pengelola dan penye-
lenggara pendidikan dan pembelajaran hendaknya merasakan bahwa
kondisi yang ada kurang atau tidak memuaskan dan perlu diperbaiki.
Mereka harus merasa tidak puas dengan hasil yang dicapai PTJJ sela-
ma ini. Ketidakpuasan inilah modal masuknya teknologi komunikasi/
informasi dalam PTJJ. Apabila kebutuhan ini tidak ada atau terasa
perlu ditumbuhkan terlebih dahulu.
2. Pengetahuan dan keterarnpilan. Siapapunjuga yang terlibat dalam pro-
ses pemanfaatan teknologi komunikasi/informasi haruslah memiliki
pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Latihan dan pelatihan
ulang perlu terus diprogamkan sehingga mereka selalu siap menye-
suaikan diri dengan perkembangan yang ada.
3. Dukungan sumber. Kecuali perangkat keras dan lunak masih diperlu-
kan adanya dukungan sumber-sumber lain yang dapat membantu pi-
hak-pihak yang menggunakan teknologi komunikasi/informasi. Sektor
produksi yang terus menyediakan suku cadang dan juga perbaikan dan
perawatan ikut menentukan keberhasilan ini.
4. Reward dan Punishment. Berbagai bentuk hukuman dan ganjaran perlu
diberikan pada vrang-orang yang terlibat dalam pendayagunaan tek-
nologi komunikasi /informasi dalam PTJJ.
5. Komitmen semua pihak yang terlibat mulai dari tingkat yang teratas
hingga terbawah untuk melaksanakan visi pendayagunaan teknologi
.r
komunikasi/informasi ini juga akan menentukan keberhasilan kita.
6. Kepemimpinan. Kepedulian dan keterlibatan pimpinan dalam PTJJ
mulai dari yang teratas hingga terbawah akan menjadi faktor yang me-
nentukan juga.
7. Waktu. Perlu tersedia waktu yang cukup memadai bagi termasya-
98