Page 104 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 104
difaharni kalau sejak 25 tahun yang lalu Snider (1972) sebagaimana
dikutip Ely (1993) rnengatakan bahwa teknologi seringkali membuat
kita bingung mana yang tujuan dan mana cara untuk rnencapai tujuan
itu. Apabila teknologi memungkinkan seseorang melakukan sesuatu
maka iapun menggunakannya, bukan karena perlu tetapi karena mung-
kin untuk digunakan.
2. Kurangnya kesungguhan dalam menerapkan teknologi tertentu.
Kurangnya dukungan kebijakan yang tegas dan jelas dalarn pendaya-
gunaan teknologi terrnasuk upaya penggalakan dan pemberian peng-
hargaan akan mengharnbat proses alih teknologi.
3. Biaya yang kurang merupakan alasan klasik narnun tetap relevan. Te-
lah begitu banyak proyek pendayagunaan teknologi tertentu akhimya
terhenti karena tidak adanya dana yang mendukung.
4. Dukungan infrastruktur. Tanpa dukungan infrastruktur yang baik, alih
teknologi juga akan seret. Sebagai suatu sistem bagaimanapun juga
teknologi sangat tergantung pada supra sistem yang ada. Alih teknolo-
gi komunikasi/inforrnasi juga menuntut adanya perubahan organisasi.
5. Alih teknologi bisa juga gagal karena kita terlalu memusatkan perhati-
an ke perangkat keras dan bukannya ke surnber daya rnanusia yang
akan menanganinya. Di sini dapat kita rasakan perlunya penyiapan surn-
ber daya manusia melalui latihan dan pelatihan kembali pengetahuan
dan keterampilan yang diperlukan.
6. Kurang terkaitnya teknologi (terutarna perangkat lunaknya) yang digu-
nakan dengan tuntunan kurikulurn merupakan penghambat tersendiri
pendayagunaan teknologi komunikasi/inforrnasi di lembaga pendidikan
dan pernbelajaran pada urnurnnya PTJJ khususnya.
Apapun juga teknologi komunikasi/inforrnasi yang akan kita gunakan
dalarn pendidikan dan pembelajaran agar dapat berjalan dengan baik, efek-
97