Page 103 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 103
maupun pelatihan bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan sumbemya
dari mana saja tidak lagi banyak tergantung pada waktu dan ruang.
Alih teknologi dalam PT JJ
Tidak perlu lagi diragukan sumbangan teknologi khususnya teknologi
komunikasi dan informasi pada PTJJ. Namun ada baiknya kita ingat bahwa
di samping sisi positif tersebut di sisi lain banyak juga kita jumpai sisi
negatif dari penggunaan teknologi untuk pendidikan khususnya PTJJ. Ini
semua bukanlah salah teknologi tersebut karena seperti dikatakan di de-
pan. teknologi itu amoral, netral. Teknologi tidak akan mendatangkan per-
baikan dengan sendirinya namun sangat tergantung pada orang yang
mengembangkan dan memanfaatkannya. Potensi teknologijuga hanya ting-
gal sebagai potensi apabila tidak didayagunakan dengan sengaja, teren-
cana dan sistematis. Pendayagunaan teknologi tidak selamanya berjalan
mulus, baik dan lancar. ltu semua banyak tergantung pada proses alih
teknologi, baik yang bersifat hardware (embodied transfer) maupun software
(disembodied transfer). Transfer terakhir ini menyangkut alih know how,
know why, dan do how. Sering terjadi al ih teknologi menimbulkan masalah
lain. Kegagalan ini sebagaimana dikemukan oleh Keating (1994) dan
AECT ( 1993) kemungkinan disebabkan oleh hal-hal sbb.:
1. Tuntutan kebutuhan. Kurangnya tuntutan kebutuhan untuk memanfaat-
kan teknologi kemungkinan akan menghambat atau memperlambat pro-
ses alih teknologi. Ada kalanya kegagalan disebabkan oleh kesalahan
dalam menganalisis kebutuhan. Kita mengajukan pemecahan yang sa-
lab atas permasalahan yang benar. Dalam era informasi seperti seka-
rang ini memang teknologi adalah lambang kemajuan. Dari waktu ke
waktu kita melihat perkembangan teknologi yang baru, produk baru
dan kecanggihan baru pula. Seringkali kita terlupa alasan yang se-
benamya untuk menggunakan teknologi. Oleh karena itu dapatlah
96