Page 15 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 15

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~   xi




                      Learning Engagement: Menembus Batas Ruang dan Waktu
                     Berbagai  pendapat  dari  mahasiswa  UT  tentang  pembelajaran
                  tutorial online dirangkum dan dibahas dari sudut pandang teori learning
                  engagement. Konsep ini begitu penting pada proses PJJ. Suasana belajar
                  online yang melibatkan mahasiswa telah tercipta di UT. Mahasiswa UT
                  telah merasakan bahwa PJJ bukanlah penghalang, melainkan menjadi
                  kesempatan menempuh pendidikan tinggi berkualitas. Ini menunjukkan
                  bahwa learning engagement bukanlah hal yang mustahil diwujudkan
                  dalam PJJ. Konsep ini dapat diwujudkan di mana saja dan kapan saja
                  dengan strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.
                                         -DEWI WARDAH MAZIDATUR ROHMAH-


                                Di Balik Layar Kampus Jarak Jauh

                     Benarkah kuliah jarak jauh itu sama dengan kuliah online? Benarkah
                  kualitas PJJ diragukan? UT sebagai pelopor PJJ terkenal dengan click bait.
                  Gampang  masuk,  susah  keluar.  Benarkah  demikian?  Tulisan  ini
                  menunjukkan  bagaimana  sebuah  kampus  jarak  jauh  berbeda  dengan
                  kampus yang melaksanakan kuliah online. PJJ tidak hanya memindahkan
                  kelas  tatap  muka  menjadi  kelas  virtual.  Namun,  lebih  dari  itu.  UT
                  memiliki proses pembelajaran, penilaian, dan penyelesaian studi yang
                  berbeda dari universitas konvensional.
                                                          -NURAZIZA ALIAH-



                              Delay Pembelajaran yang Mendebarkan
                     Pembelajaran   asynchronous   m  e  m  u  n  g  k  i  n  k  a  n     terjadinya
                  pembelajaran ketika pendidik dan peserta didik tidak bertemu dalam
                  satu  waktu.  Dalam  pelaksanaannya  pendidik  dan  peserta  didik  akan
                  mengalami delay pembelajaran. Pendidik akan mengalami delay dalam
                  memperoleh feedback dari peserta didik, sedangkan peserta didik akan
                  mengalami  delay  dalam  respons  pembelajaran  berupa  jawaban  atas
                  ketidakpahaman  atau  nilai  diskusi  dan  tugas.  Penantian  dalam
                  pembelajaran  asynchronous  terasa  mendebarkan  terlebih  ketika  ada
                  kendala dalam pelaksanaannya.
                                                     -ERNAYANTI NUR WIDHI-
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20