Page 15 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 15
~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~ xi
Learning Engagement: Menembus Batas Ruang dan Waktu
Berbagai pendapat dari mahasiswa UT tentang pembelajaran
tutorial online dirangkum dan dibahas dari sudut pandang teori learning
engagement. Konsep ini begitu penting pada proses PJJ. Suasana belajar
online yang melibatkan mahasiswa telah tercipta di UT. Mahasiswa UT
telah merasakan bahwa PJJ bukanlah penghalang, melainkan menjadi
kesempatan menempuh pendidikan tinggi berkualitas. Ini menunjukkan
bahwa learning engagement bukanlah hal yang mustahil diwujudkan
dalam PJJ. Konsep ini dapat diwujudkan di mana saja dan kapan saja
dengan strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.
-DEWI WARDAH MAZIDATUR ROHMAH-
Di Balik Layar Kampus Jarak Jauh
Benarkah kuliah jarak jauh itu sama dengan kuliah online? Benarkah
kualitas PJJ diragukan? UT sebagai pelopor PJJ terkenal dengan click bait.
Gampang masuk, susah keluar. Benarkah demikian? Tulisan ini
menunjukkan bagaimana sebuah kampus jarak jauh berbeda dengan
kampus yang melaksanakan kuliah online. PJJ tidak hanya memindahkan
kelas tatap muka menjadi kelas virtual. Namun, lebih dari itu. UT
memiliki proses pembelajaran, penilaian, dan penyelesaian studi yang
berbeda dari universitas konvensional.
-NURAZIZA ALIAH-
Delay Pembelajaran yang Mendebarkan
Pembelajaran asynchronous m e m u n g k i n k a n terjadinya
pembelajaran ketika pendidik dan peserta didik tidak bertemu dalam
satu waktu. Dalam pelaksanaannya pendidik dan peserta didik akan
mengalami delay pembelajaran. Pendidik akan mengalami delay dalam
memperoleh feedback dari peserta didik, sedangkan peserta didik akan
mengalami delay dalam respons pembelajaran berupa jawaban atas
ketidakpahaman atau nilai diskusi dan tugas. Penantian dalam
pembelajaran asynchronous terasa mendebarkan terlebih ketika ada
kendala dalam pelaksanaannya.
-ERNAYANTI NUR WIDHI-