Page 14 - 36 Tahun Universitas Terbuka: Kewibawaan Akademik
P. 14

Kewibawaan
                      Akademik







                 x    Seperti telah disampaikan kewibawaan akademik
                      merupakan sesuatu  yang harus diperjuangkan,
                      bersifat kompleks,  dan melibatkan banyak

                      unsur. Dalam konteks UT  saat ini, semangat
                      membangun kewibawaan akademik tersebut
                      dicurahkan pada berbagai program yang terkait

                      dengan      kepentingan      penguatan      beragam
                      layanan dasar kemahasiswaan  yang secara
                      umum meliputi tiga aspek utama,  yaitu bahan
                      ajar, proses belajar mengajar, dan evaluasi hasil
                      belajar. Di samping tiga isu utama tersebut,

                      semangat        memperjuangkan          kewibawaan
                      akademik juga akan dibangun melalui beragam                 1.  Bahan Ajar
                      program layanan pendukung (support  services)               Bahan ajar merupakan salah satu komponen

                      yang memiliki nilai strategis dalam membantu                yang paling strategis dalam konteks belajar
                      kesuksesan belajar mahasiswa di antaranya                   jarak jauh. Bahan ajar Buku Materi Pokok (BMP)
                      pelatihan keterampilan belajar jarak jauh (distance         merupakan  sumber bahan  belajar utama
                      learning  skill  workshop), pelatihan mengerjakan           bagi mahasiswa. Oleh karena itu, kebijakan
                      tugas-tugas mata kuliah (assignment workshop),              kepemilikan, pengembangan, keragaman, isi dan

                      dan klinik persiapan ujian (exam clinic).                   penampilan, penggandaan dan pendistribusian,
                                                                                  serta aspek-aspek lainnya yang terkait langsung
                                                                                  maupun tidak langsung dengan pengelolaan

                                                                                  bahan ajar harus dikaji kembali secara hati-hati
                                                                                  dan komprehensif agar mendukung dan sejalan
                                                                                  dengan semangat kewibawaan akademik.
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19