Page 13 - 36 Tahun Universitas Terbuka: Kewibawaan Akademik
P. 13

Prolog








                      program strategis dalam rangka pemetaan                     lembaga penyedia jasa pendidikan jarak jauh               ix
                      kembali dan penguatan berbagai layanan dasar                (PJJ) dengan mahasiswanya. Beliau tegas sekali
                      mahasiswa. Kewibawaan akademik tersebut                     mengatakan bahwa  didactic  conversation  is

                      saya tuangkan dalam pokok-pokok pikiran                     customary  in  learning  (Holmberg,  1983;  1995).
                      empat tahun pengembangan UT ke depan yang                   Pentingnya  conversation dalam proses belajar
                      digerakkan  dan  diberi  arah  oleh  tema  utama            juga dipertegas oleh ahli pendidikan jarak

                      sebagai berikut.                                            jauh  yang lain, seperti Michael Moore. Moore
                                                                                  (1993) melalui teorinya  transactional  distance
                      “Meningkatkan kewibawaan akademik melalui                   menegaskan pentingnya dialog (di samping dua
                      peningkatan      kualitas   (quality  improvement)          komponen lainnya: struktur dan otonomi) antara
                      dan  penguatan  partisipasi  mahasiswa (student             mahasiswa  dengan  supporting  organizations,

                      engagement) dalam proses pembelajaran”.                     seperti para tutor, instruktur, supervisor, dan
                                                                                  konselor.
                      Tema kewibawaan akademik inilah  yang selalu

                      menjadi pilar, fokus sekaligus impian yang akan
                      terus kita realisasikan tahap demi tahap agar UT                          Meningkatkan
                      semakin kuat dan berwibawa.                                       kewibawaan akademik

                                                                                         melalui peningkatan
                      Pentingnya memelihara kewibawaan akademik

                      melalui     student    engagement       telah    lama                      kualitas dan
                      ditegaskan oleh para tokoh pendidikan jarak jauh,                 penguatan partisipasi
                      seperti Borje Holmberg, Charles Wedemeyer, dan

                      Michael Moore. Holmberg melalui teorinya guided                       mahasiswa dalam
                      didactic interaction, yang kemudian beliau revisi                  proses pembelajaran
                      pada pengembangan teori terbarunya  teaching
                      learning  conversation,  sangat  menekankan
                      pentingnya interaksi dan komunikasi antara
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18