Page 13 - 36 Tahun Universitas Terbuka: Kewibawaan Akademik
P. 13
Prolog
program strategis dalam rangka pemetaan lembaga penyedia jasa pendidikan jarak jauh ix
kembali dan penguatan berbagai layanan dasar (PJJ) dengan mahasiswanya. Beliau tegas sekali
mahasiswa. Kewibawaan akademik tersebut mengatakan bahwa didactic conversation is
saya tuangkan dalam pokok-pokok pikiran customary in learning (Holmberg, 1983; 1995).
empat tahun pengembangan UT ke depan yang Pentingnya conversation dalam proses belajar
digerakkan dan diberi arah oleh tema utama juga dipertegas oleh ahli pendidikan jarak
sebagai berikut. jauh yang lain, seperti Michael Moore. Moore
(1993) melalui teorinya transactional distance
“Meningkatkan kewibawaan akademik melalui menegaskan pentingnya dialog (di samping dua
peningkatan kualitas (quality improvement) komponen lainnya: struktur dan otonomi) antara
dan penguatan partisipasi mahasiswa (student mahasiswa dengan supporting organizations,
engagement) dalam proses pembelajaran”. seperti para tutor, instruktur, supervisor, dan
konselor.
Tema kewibawaan akademik inilah yang selalu
menjadi pilar, fokus sekaligus impian yang akan
terus kita realisasikan tahap demi tahap agar UT Meningkatkan
semakin kuat dan berwibawa. kewibawaan akademik
melalui peningkatan
Pentingnya memelihara kewibawaan akademik
melalui student engagement telah lama kualitas dan
ditegaskan oleh para tokoh pendidikan jarak jauh, penguatan partisipasi
seperti Borje Holmberg, Charles Wedemeyer, dan
Michael Moore. Holmberg melalui teorinya guided mahasiswa dalam
didactic interaction, yang kemudian beliau revisi proses pembelajaran
pada pengembangan teori terbarunya teaching
learning conversation, sangat menekankan
pentingnya interaksi dan komunikasi antara