Page 12 - 36 Tahun Universitas Terbuka: Kewibawaan Akademik
P. 12

Kewibawaan
                      Akademik







               viii   lemah (tidak berwibawa) hampir dapat dipastikan             Pentingnya         menjaga       dan    memelihara
                      lembaga pendidikan tersebut akan layu dan                   kewibawaan akademik bukan hanya dipengaruhi
                      hancur.  Dengan  demikian,  cukup  proporsional             oleh gerakan perubahan dalam pengelolaan

                      jika kita menegaskan bahwa kewibawaan                       komponen kurikulum  yang disebutkan di atas,
                      akademik merupakan kunci untuk memenangkan                  tetapi juga akan dipengaruhi oleh perubahan
                      persaingan, hidup, tumbuh, dan berkembang.                  di lingkungan makro.  Dinamika  yang terjadi di

                                                                                  lingkungan makro (general environment) berubah
                      Berdasarkan pandangan di atas, maka tidak                   dengan sangat cepat dan sukar diprediksi.
                      ada pilihan lain, menjaga dan meningkatkan                  Perkembangan teknologi, kondisi sosial-ekonomi
                      kewibawaan akademik merupakan satu-satunya                  dan budaya di lingkungan makro tersebut
                      jalan hidup yang harus kita tempuh. Kewibawaan              selanjutnya berakumulasi dengan gerakan

                      akademik harus diletakkan sebagai titik  tumpu              perubahan  yang terjadi di lingkungan makro
                      dari berbagai kebijakan proses pembelajaran                 (competitive  environment) seperti kebijakan
                      yang akan ditawarkan (teaching  and  learning               pemerintah di  bidang  pendidikan,  masuknya

                      provision)  dan  layanan  pendukung  lainnya                para pemain baru, bargaining power masyarakat
                      (support  services)  untuk  memastikan  proses              dan mahasiswa akan memberikan pengaruh
                      tersebut berjalan secara efektif dan bermakna               signifikan  terhadap  layanan  pendidikan  jarak
                      bagi mahasiswa. Ketika kewibawaan akademik                  jauh yang dikelola UT yang pada gilirannya akan
                      ini dijadikan sebagai titik tumpu dari berbagai             berhadapan langsung dengan reputasi dan

                      kepentingan, saya berkeyakinan bahwa seluruh                kewibawaan akademik.
                      sumber daya termasuk infrastruktur, sarana dan
                      prasarana, keuangan, termasuk sumber daya                   Atas dasar keyakinan inilah, sejak saya diberi

                      manusianya dapat dikerahkan menuju tujuan                   amanah  Allah SWT melalui perantaraan Senat
                      yang sama.                                                  Universitas Terbuka dan Menteri Riset, Teknologi,
                                                                                  dan  Pendidikan Tinggi  periode  2014−2019,  Prof.
                                                                                  Drs. H. Mohamad Nasir,  Ak., M.Si., Ph.D. telah
                                                                                  mencanangkan kewibawaan akademik sebagai
   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17