Page 12 - 36 Tahun Universitas Terbuka: Kewibawaan Akademik
P. 12
Kewibawaan
Akademik
viii lemah (tidak berwibawa) hampir dapat dipastikan Pentingnya menjaga dan memelihara
lembaga pendidikan tersebut akan layu dan kewibawaan akademik bukan hanya dipengaruhi
hancur. Dengan demikian, cukup proporsional oleh gerakan perubahan dalam pengelolaan
jika kita menegaskan bahwa kewibawaan komponen kurikulum yang disebutkan di atas,
akademik merupakan kunci untuk memenangkan tetapi juga akan dipengaruhi oleh perubahan
persaingan, hidup, tumbuh, dan berkembang. di lingkungan makro. Dinamika yang terjadi di
lingkungan makro (general environment) berubah
Berdasarkan pandangan di atas, maka tidak dengan sangat cepat dan sukar diprediksi.
ada pilihan lain, menjaga dan meningkatkan Perkembangan teknologi, kondisi sosial-ekonomi
kewibawaan akademik merupakan satu-satunya dan budaya di lingkungan makro tersebut
jalan hidup yang harus kita tempuh. Kewibawaan selanjutnya berakumulasi dengan gerakan
akademik harus diletakkan sebagai titik tumpu perubahan yang terjadi di lingkungan makro
dari berbagai kebijakan proses pembelajaran (competitive environment) seperti kebijakan
yang akan ditawarkan (teaching and learning pemerintah di bidang pendidikan, masuknya
provision) dan layanan pendukung lainnya para pemain baru, bargaining power masyarakat
(support services) untuk memastikan proses dan mahasiswa akan memberikan pengaruh
tersebut berjalan secara efektif dan bermakna signifikan terhadap layanan pendidikan jarak
bagi mahasiswa. Ketika kewibawaan akademik jauh yang dikelola UT yang pada gilirannya akan
ini dijadikan sebagai titik tumpu dari berbagai berhadapan langsung dengan reputasi dan
kepentingan, saya berkeyakinan bahwa seluruh kewibawaan akademik.
sumber daya termasuk infrastruktur, sarana dan
prasarana, keuangan, termasuk sumber daya Atas dasar keyakinan inilah, sejak saya diberi
manusianya dapat dikerahkan menuju tujuan amanah Allah SWT melalui perantaraan Senat
yang sama. Universitas Terbuka dan Menteri Riset, Teknologi,
dan Pendidikan Tinggi periode 2014−2019, Prof.
Drs. H. Mohamad Nasir, Ak., M.Si., Ph.D. telah
mencanangkan kewibawaan akademik sebagai