Page 4 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 4
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik i
KATA PENGANTAR
“SEKAPUR SIRIH DEKAN FAKULTAS EKONOMI ”
Seiring dengan Dies Natalis UT ke-32, Fakultas Ekonomi
mempersembahkan buku yang diberi judul Institusi Pendidikan Tinggi di Era
Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik. Pemilihan judul ini
dilatarbelakangi oleh perubahan teknologi, terutama teknologi digital yang
akselerasinya begitu cepat. Betapa tidak, teknologi digital telah melahirkan
cohort Net Generation. Generasi ini mempunyai karakteristik yang berbeda
dengan generasi sebelumnya. Generasi ini digambarkan sebagai kelompok
generasi yang berinteraksi intens satu sama lain, berkomunikasi membentuk
komunitas, dan yang pasti mereka ini merupakan pembelajar digital yang
hebat. Mereka lebih suka belajar dengan menemukan sendiri, daripada
hanya sekedar mendengar cerita dari orang lain tentang suatu informasi. Di
sisi lain, perkembangan teknologi digital telah menawarkan kemudahan
dalam penyediaan akses serta kolaborasi yang dapat mengoptimalkan
pemanfaatan sumber-sumber belajar. Penerapan teknologi digital yang
bersifat mobile telah memungkinkan proses pembelajaran menjadi lebih
mudah.
Ketika pasar berubah, lingkungan berubah, maka pendekatan
manajemen terhadap suatu organisasi harus berubah. Sebagai organisasi
yang bertugas mencetak sumberdaya manusia handal, maka perguruan
tinggi pun tidak steril terhadap perubahan. Namun masalahnya adalah
adakalanya perubahan itu tidak memperlihatkan sosoknya secara jelas,
bahkan seringkali samar. Padahal kita tahu perubahan itu merupakan bagian
penting dari manajemen, termasuk manajemen perguruan tinggi. Ungkapan
“If you don’t change, You will die”, begitu sering di ucapkan orang. Oleh
karena itu pimpinan perguruan tinggi saat ini dituntut kemampuannya
dalam memprediksi perubahan dan menjadikan perubahan tersebut sebagai
suatu potensi. Tak pelak, saat ini muncul beragam pemikiran seperti
entrepreneurial university, bureaucracy university dan sebagainya.
Berangkat dari kondisi itulah, kami mencoba memadukan beragam
khazanah pemikiran dari para dosen Fakultas Ekonomi dan meramukannya
dalam suatu buku dengan harapan semoga mampu memberikan manfaat
ditengah kegalauan untuk berubah. Kami menyadari bahwa buku ini jauh
dari sempurna karena waktu penulisannya yang relatif singkat. Namun