Page 365 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 365

Media Instruksional       335


               lima kelompok yaitu, kelompok pertama, media visual,
               kelompok kedua, media audio, kelompok ketiga, audio visual,
               kelompok  keempat,  multimedia,  kelompok  kelima,  media

               realita.  Jenis  media  instruksional  mana  yang  akan  dipakai
               sangat  tergantung  kepada  tujuan  yang  ingin  dicapai,  sifat
               bahan ajar, ketersediaan media tersebut dan juga kemampuan

               guru  dalam  menggunakannya,  terutama  disesuaikan  dengan
               karakteristik peserta didik.

               Glosarium

               Media Visual
                     Semua  alat  peraga  yang  digunakan  dalam  kegiatan
                     instruksional  yang  bisa  dinikmati  lewat  panca-indera
                     mata.Media visual (image atau perumpamaan) memegang
                     peran yang sangat penting dalam kegiatan instruksional.
                     Media  visual  dapat  memperlancar  pemahaman  dan
                     memperkuat  ingatan,  menumbuhkan  minat  peserta
                     didik dan dapat memberikan hubungan antara isi materi
                     pelajaran dengan dunia nyata.


               Media Audio
                     Media    untukmenyampaikanpesanyangakandisampaikan
                     dalam bentuk lambang-lambang auditif, baik verbal (ke
                     dalam kata–kata atau bahasa lisan) maupun non verbal.


               Media Audio Visual
                     Merupakan  media  perantara  atau  penggunaan  materi
                     dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran
                     sehingga membangun kondisi yang dapat membuat


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   360   361   362   363   364   365   366   367   368   369   370