Page 363 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 363
Media Instruksional 333
perubahan prilaku dan capaian pembelajaran tercapai. Jika
kegiatan instruksional hanya memberikan satu cara saja (only
one way to teach). Kegiatan instruksional seperti ini akan
sangat membosankan dalam hal kreativitas dan imajinasi
peserta didik. Banyak para ahli mengakui bahwa disebabkan
oleh perbedaan karaktristik, peserta didik akan lebih
beruntung bila menerima media instruksional yang cocok
dengan karaktristik yang dimilikinya. Karaktristik peserta
didik merupakan faktor penting untuk mencapai efektivitas
didalam kegiatan instruksional. Karaktristik peserta didik
mengarah dan cenderung berpusat kepada diri peserta didik,
maka aspek-aspek yang bersifat induvidual menjadi sangat
relevan diperhatikan.
Setiap media instruksional memiliki kelebihan dan
kekurangan, belum ada satu jenis media instruksional yang
dapat digunakan untuk semua peserta didik. Banyak faktor
yang mempengaruhi dan yang perlu dipertimbangkan dalam
memilih media instruksional yang akan digunakan oleh
peserta didik.
Menurut Braby, Reiser dan Gagne, (1985) pada
dasarnya jenis dan sifat media instruksional berpengaruh
pada sifat komunikasi pembelajaran. Oleh karena itu,
Rowntree dan Bates, (1995) sependapat bahwa pemilihan
media instruksional perlu memperhatikan beberapa faktor
sebagai berikut: 1.Akses terhadap media baik bagi peserta
didik maupun institusi, 2.Biaya, dan 3.Peranan media dalam
kegiatan instruksional.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN