Page 363 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 363

Media Instruksional       333


               perubahan  prilaku  dan  capaian  pembelajaran  tercapai.  Jika
               kegiatan instruksional hanya memberikan satu cara saja (only

               one  way  to  teach).  Kegiatan  instruksional  seperti  ini  akan
               sangat  membosankan  dalam  hal  kreativitas  dan  imajinasi
               peserta didik. Banyak para ahli mengakui bahwa disebabkan
               oleh  perbedaan  karaktristik,  peserta  didik  akan  lebih

               beruntung  bila  menerima  media  instruksional  yang  cocok
               dengan  karaktristik  yang  dimilikinya.  Karaktristik  peserta
               didik  merupakan  faktor  penting  untuk  mencapai  efektivitas
               didalam  kegiatan  instruksional.  Karaktristik  peserta  didik

               mengarah dan cenderung berpusat kepada diri peserta didik,
               maka  aspek-aspek  yang  bersifat  induvidual  menjadi  sangat
               relevan diperhatikan.

                     Setiap  media  instruksional  memiliki  kelebihan  dan

               kekurangan,  belum  ada  satu  jenis  media  instruksional  yang
               dapat  digunakan  untuk  semua  peserta  didik.  Banyak  faktor
               yang mempengaruhi dan yang perlu dipertimbangkan dalam
               memilih  media  instruksional  yang  akan  digunakan  oleh

               peserta didik.

                     Menurut  Braby,  Reiser  dan  Gagne,  (1985)  pada
               dasarnya  jenis  dan  sifat  media  instruksional  berpengaruh
               pada  sifat  komunikasi  pembelajaran.  Oleh  karena  itu,

               Rowntree  dan  Bates,  (1995)  sependapat  bahwa  pemilihan
               media  instruksional  perlu  memperhatikan  beberapa  faktor
               sebagai  berikut:  1.Akses  terhadap  media  baik  bagi  peserta
               didik maupun institusi, 2.Biaya, dan 3.Peranan media dalam
               kegiatan instruksional.



                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   358   359   360   361   362   363   364   365   366   367   368