Page 364 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 364
334 Media Instruksional
Sejalan dengan pendapat tersebut, Gagne & Reiser
(1978), menambahkan pemilihan media instruksional harus
mempertimbangkan tiga faktor berikut ini, yaitu : 1.Atribut
media itu sendiri, 2.Karakteristik peserta didik, dan 3.Setting.
Selanjutnya, menurut kemp (1994), ada lima yang harus
diperhatikan yaitu, 1.Setting, 2 Atribut Media, 3 Tujuan
Instruksional, 4.Penggunaan Perangkat Lunak dan Perangkat
keras, 5.Biaya. Kreteria dan petunjuk tentang pemilihan media
instruksional sangat bermanfaat dalam membantu guru atau
seorang Ahli Media Instruksional guna mempertimbangkan
keputusan yang akan diambil tentang jenis media apa yang
digunakan.
Selanjutnya, guru dapat mengikuti beberapa prinsip
dasar dalam memilih media untuk kegiatan instruksional
sebagai berikut, Prinsip Pertama, harus ada kejelasan tentang
tujuan pemilihan media instruksional. Misalnya saja, apakah
tujuan tersebut untuk keperluan hiburan, informasi umum,
pembelajaran, belajar kelompok, atau untuk orang dewasa,
dan sebagainya. Prinsip Kedua, adalah familiaritas media
instruksional artinya, Anda harus mengenal sifat dan ciri-ciri
media yang akan Anda pilih. Prinsip Ketiga, adanya sejumlah
media instruksional yang dapat diperbandingkan karena
pemilihan media pada dasarnya adalah proses pengambilan
keputusan karena adanya alternatif pilihan dan tuntutan dari
tujuan yang sudah dirumuskan.
Jenis-jenis media instruksional yang dapat digunakan
dalam kegiatan instruksional dapat dikelompokkan menjadi
PROFIL GURU MASA DEPAN