Page 21 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 21
6 - PENDAHULUAN
BAB 4
KARAKTRISTIK KEGIATAN
INSTRUKSIONAL
DAN HASIL BELAJAR
Dalam bab empat ini, dibahas tentang pengertian belajar.
Adapun arti dari belajar adalah hasil dari suatu perkembangan
ilmu pengetahuan yang baru, keterampilan dan sikap. Belajar
adalah suatu perubahan dalam kemampuan yang relatif tetap
atau kemampuan yang bertahan lama.
Bab ini menjelaskan bagaimana, agar peserta didik
dapat mengikuti kegiatan instruksional yang tepat dengan
kemampuan dan kondisi peserta didik, sehingga diperlukan
berbagai usaha oleh guru untuk mengantisipasi kondisi ini.
Oleh karena itu, sangat perlu memperhatikan karaktristik
kegiatan instruksional yang terdiri atas sifat, interaktif, holistik,
integratif, saintifik, konstektual, tematik, efektif, kolaboratif,
dan berpusat pada peserta didik. Semua sifat dan pendekatan
kegiatan instruksional yang disebutkan tersebut dijelaskan
dalam bab empat ini.
BAB 5
PENDEKATAN KEGIATAN
INSTRUKSIONAL
BERDASARKAN TEORI-TEORI BELAJAR
Dalam bab lima ini dibahas tentang pendekatan
pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar. Karakteristik
PROFIL GURU MASA DEPAN