Page 25 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 25

10  -  PENDAHULUAN

           sedang berlangsung. Media instruksional yang digunakan
           harus dipilih berdasarkan jenis karakter peserta didik dan

           sesuai dengan kebutuhan peserta didik.



                                    BAB 9

                 PENILAIAN DAN PENGUKURAN
                HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

                 Dalam  bab  sembilan  ini,  dibahas  tentang  pengertian

           penilaian dan pengukuran hasil belajar peserta didik. Penilaian
           hasil  belajar  adalah  suatu  kegiatan  yang  dilakukan  untuk
           mengetahui  sejauh  mana  kemampuan  peserta  didik  dalam
           memahami pelajaran yang telah disampaikan oleh guru.


                 Sementara, pengukuran hasil belajar dimaksudkan untuk
           mengetahui  seberapa  jauh  perubahan  tingkah  laku  peserta
           didik setelah menghayati proses belajar. Penilaian hasil belajar
           harus  dapat  mengukur  hasil  belajar  peserta  didik  melalui

           proses pengukuran (measurement).

                 Salah satu upaya guru untuk mengukur capaian belajar
           dan  perkembangan  peserta  didik  adalah  melalui  penilaian
           hasil  belajar.  Kegiatan  instruksional  akan  lebih  sempurna,

           jika  guru  mampu  untuk  mengukur  capaian  belajar  peserta
           didik  secara  tepat  yang  sudah  ditetapkan  terlebih  dahulu.
           Capaian pembelajaran harus disertai dengan kriteria penilaian
           yang tepat yang dapat digunakan untuk menilai bahwa hasil
           pembelajaran yang diharapkan telah tercapai.




           PROFIL GURU MASA DEPAN
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30