Page 25 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 25
10 - PENDAHULUAN
sedang berlangsung. Media instruksional yang digunakan
harus dipilih berdasarkan jenis karakter peserta didik dan
sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
BAB 9
PENILAIAN DAN PENGUKURAN
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Dalam bab sembilan ini, dibahas tentang pengertian
penilaian dan pengukuran hasil belajar peserta didik. Penilaian
hasil belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk
mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik dalam
memahami pelajaran yang telah disampaikan oleh guru.
Sementara, pengukuran hasil belajar dimaksudkan untuk
mengetahui seberapa jauh perubahan tingkah laku peserta
didik setelah menghayati proses belajar. Penilaian hasil belajar
harus dapat mengukur hasil belajar peserta didik melalui
proses pengukuran (measurement).
Salah satu upaya guru untuk mengukur capaian belajar
dan perkembangan peserta didik adalah melalui penilaian
hasil belajar. Kegiatan instruksional akan lebih sempurna,
jika guru mampu untuk mengukur capaian belajar peserta
didik secara tepat yang sudah ditetapkan terlebih dahulu.
Capaian pembelajaran harus disertai dengan kriteria penilaian
yang tepat yang dapat digunakan untuk menilai bahwa hasil
pembelajaran yang diharapkan telah tercapai.
PROFIL GURU MASA DEPAN