Page 27 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 27
12 - PENDAHULUAN
Dalam bab sebelas ini, dibahas masalah profil guru
berwawasan pendidikan abad 21. Tujuannya menciptakan
generasi yang berkualitas dan yang mampu berkiprah secara
maksimal dan dapat hidup menyesuaikan diri pada tahun 2045,
dimana Indonesia mencapai usia emas 100 tahun merdeka.
Pada saat ini, Indonesia akan menghadapi tantangan
eksternal yang berat berhubungan dengan pesatnya kemajuan
Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta derasnya arus
globalisasi. Salah satu cara untuk mengantisipasi kondisi ini
adalah meningkatkan kegiatan instruksional dan kualitas guru
yang yang harus diantisipasi melalui perubahan dengan cara
memperbaiki kegiatan instruksional yang tradisional ke arah
yang lebih modern.
Pembahasan materi bab demi bab dalam buku ini
berdasarkan hasil analisis, adaptasi, dan diskusi sesama
teman dan membaca berbagai sumber bacaan yang tersedia.
Oleh karena itu, untuk memperkaya wawasan Anda bacalah
buku referensi atau sumber lain yang berkaitan dengan
profesional guru dan kegiatan instruksional.
Daftar buku referensi dapat Anda lihat pada daftar
pustaka di akhir buku ini, namun Anda dapat pula
menggunakan buku lain yang tidak tercantum dalam daftar
pustaka. Anda dapat pula “browsing” atau melihat-lihat di
internet untuk mencari sumber belajar yang terkait dengan
pendekatan ini. Perlu Anda sadari bahwa materi bab satu
sampai bab sebelas ini merupakan suatu rangkaian yang
saling terkait satu dengan yang lain, dan membentuk suatu
keutuhan pemahaman tentang profil guru masa depan
berbasis teknologi pendidikan. Karena itu jangan lewatkan
PROFIL GURU MASA DEPAN