Page 18 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 18
PENDAHULUAN - 3
dalam kegiatan instruksional, seperti, karaktristik peserta
didik, lulusan yang berkompetensi seperti yang diharapkan,
kegiatan instruksional yang digunakan, kemampuan pengajar
itu sendiri, kurikulum dan materi instruksional yang akan
disajikan kepada peserta didik.
Secara singkat, isi setiap bab dalam buku ini dapat
dijelaskan sebagai berikut :
BAB 1
KONSEP DASAR
TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Dalam bab satu ini, dibahas tentang konsep dasar
dan kawasan teknologi pendidikan mulai awal berdirinya
dan perkembangan selanjutnya sampai pada saat sekarang
ini. Dimulai dari awal para ahli pendidikan dan profesional
berusaha untuk menemukan dan mencari konsep kegiatan
instruksional yang lebih efektif dan efisien.
Para ahli pendidikan dan kelompok professional
tersebut, melalui coba-coba atau trial-and-error dan yang
pada akhirnya melalui berbagai penelitian, memutuskan dan
sepakat untuk segera mendirikan bidang studi yang diberi
nama, ”Bidang Studi Teknologi Pendidikan”. Pembentukan
bidang studi ini menjadi penting, karena kebutuhan perlunya
ada pembaharuan dalam kegiatan instruksional, tujuannya
agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN