Page 17 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 17
2 - PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
B
uku ini diberi judul “Profil Guru Masa Depan
Berbasis Teknologi Pendidikan”. Buku ini merupakan
panduan untuk para pengajar, inovator pendidikan,
dan praktisi profesional. Yang termasuk di dalamnya adalah
pengajar, dosen, widyaiswara, instruktur, pelatih, dan
pejabat pembuat keputusan tentang perubahan instruksional,
pendidikan di semua jenis dan jenjang pendidikan. Kegiatan
instruksional yang dilakukan oleh para pengajar terdiri dari
berbagai aneka ragam. Ada pengajar yang memulai pembukaan
kegiatan mengajar dimulai dari penjelasan tentang materi
yang akan diajarkan, ada yang memulai kegiatan instruksional
dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang aktif. Ada
yang memulai dengan diskusi-diskusi aktif, atau ada juga yang
dimulai dengan menggunakan media instruksional. Biasanya,
pada akhirnya, pengajar memberikan rangkuman materi yang
disajikan sebelumnya dan selanjutnya pengajar memberikan
tes kepada peserta didiknya, dan adakalanya pengajar tidak
memberikan tes kepada peserta didiknya.
Setiap pengajar mempunyai karaktristik tersendiri,
sesuai dengan latar belakang pendidikannya, wawasan ilmu
yang dimilikinya, pengalaman dan strategi instruksional yang
Ia gunakan. Kemampuan seorang pengajar untuk memulai
kegiatan instruksional, menyajikan dan menutup kegiatan
instruksional menjadi modal utama dalam merencanakan
kegiatan instruksional secara efektif dan sistimatis. Disisi
lain, masih terdapat beberapa komponen yang dibutuhkan
PROFIL GURU MASA DEPAN