Page 86 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 86
dengan potensi masing-masing individu, masyarakat akan diajak untuk
mengenali diri sendiri melalui kelas meditasi dan pemberdayaan diri. b)
bagian kedua yakni membahas tentang gaya hidup sehat yang didasarkan
pada konsep keseimbangan alam seperti makanan dan minuman yang harus
dikonsumsi, obat-obatan, dan tips kesehatan, hal ini bejalan beriringan dengn
konsep desa wisata jamu. Aneka produk tanaman obat keluarga yang
diberdayakan oleh masyarakat sekitar dapat dikembangkan. c) bagian ketiga
yakni membahas tentang pengembangan diri terutama grooming dan olah
kecantikan seperti lulur, spa, dan sabun herbal.
Adapun produk yang ditawarkan adalah paket wisata wellness dan
wellbeing yakni : a) Paket Meditasi; b) Paket Desa Wisata Jamu; dan c) Paket
Kecantikan. Keuntungan dari paket yang ditawarkan yakni nilai edukasi dan
nilai rekreasi yang dikemas dalam konsep besar EduTourism. Manfaatnya bagi
pengguna jasa dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik, dengan tetap
menjaga kelestarian alam dan pemberdayaan masyarakat sekitar. Target
pasar Sinduharjo Etno Wellness adalah Semua umur dan seluruh kelas sosial
masyarakat tanpa ada batasan terutama masyarakat kota yang menginginkan
kehidupan yang harmonis, tenteram, dan bahagia. Wisatawan yang
berkunjung diharapkan agar senantiasa meningkatkan kualitas diri.
Strategi pemasaran yakni dengan menggunakan media sosial dan web
serta bekerja sama dengan berbagai instansi pendidikan, wisata,
pemerintahan, dan pelaku wisata serta penggiat wellness dan wellbeing.
Sistem produksi Sinduharjo Etno Wellness yakni penyedia jasa akan
menyiapkan paket wisata, sehingga wisatawan dapat menikmati servis sesuai
yang diinginkan. Sinduharjo Etno Wellness terdiri dari tim kerja yakni
perangkat desa Sinduharjo, masyarakat sekitar, pelatih meditasi, kapster spa
dan tim administrasi. Keuntungan bisnis diperoleh dari penjualan paket
wisata Sinduharjo Etno Wellness. Pembagian keuntungan dibagi berdasarkan
kepemilikan aset.
Sinduharjo Etno Wellness adalah ide bisnis EduTourism berkonsep
wellness dan wellbeing yang berkelanjutan. Hal ini disebabkan oleh sinergi
kerja pelestarian ekosistem dan habitat, pemberdayaan masyarakat
Sinduharjo, dan peningkatan pendapatan masyarakat sekitar serta
pemerintah setempat. Setiap elemen yang berpartisipasi dalam Sinduharjo
Etno Wellness memiliki Visi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat
luas.