Page 86 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 86

dengan  potensi  masing-masing  individu,  masyarakat  akan  diajak  untuk
        mengenali  diri  sendiri  melalui  kelas  meditasi  dan  pemberdayaan  diri.  b)
        bagian kedua yakni membahas tentang gaya hidup sehat yang didasarkan
        pada konsep keseimbangan alam seperti makanan dan minuman yang harus
        dikonsumsi, obat-obatan, dan tips kesehatan, hal ini bejalan beriringan dengn
        konsep  desa  wisata  jamu.  Aneka  produk  tanaman  obat  keluarga  yang
        diberdayakan oleh masyarakat sekitar dapat dikembangkan. c) bagian ketiga
        yakni membahas tentang pengembangan diri terutama grooming dan olah
        kecantikan seperti lulur, spa, dan sabun herbal.
            Adapun  produk  yang  ditawarkan  adalah  paket  wisata  wellness  dan
        wellbeing  yakni : a) Paket Meditasi; b) Paket Desa Wisata Jamu; dan c) Paket
        Kecantikan. Keuntungan dari paket yang ditawarkan yakni nilai edukasi dan
        nilai rekreasi yang dikemas dalam konsep besar EduTourism. Manfaatnya bagi
        pengguna jasa dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik, dengan tetap
        menjaga  kelestarian  alam  dan  pemberdayaan  masyarakat  sekitar.  Target
        pasar Sinduharjo Etno Wellness adalah Semua umur dan seluruh kelas sosial
        masyarakat tanpa ada batasan terutama masyarakat kota yang menginginkan
        kehidupan  yang  harmonis,  tenteram,  dan  bahagia.  Wisatawan  yang
        berkunjung diharapkan agar senantiasa meningkatkan kualitas diri.
            Strategi pemasaran yakni dengan menggunakan media sosial dan  web
        serta  bekerja  sama  dengan  berbagai  instansi  pendidikan,  wisata,
        pemerintahan,  dan  pelaku  wisata  serta    penggiat  wellness  dan  wellbeing.
        Sistem  produksi  Sinduharjo  Etno  Wellness    yakni  penyedia  jasa  akan
        menyiapkan paket wisata, sehingga wisatawan dapat menikmati servis sesuai
        yang  diinginkan.  Sinduharjo  Etno  Wellness  terdiri  dari  tim  kerja  yakni
        perangkat desa Sinduharjo, masyarakat sekitar, pelatih meditasi, kapster spa
        dan  tim  administrasi.  Keuntungan  bisnis  diperoleh  dari  penjualan  paket
        wisata Sinduharjo Etno Wellness.  Pembagian keuntungan dibagi berdasarkan
        kepemilikan aset.
            Sinduharjo  Etno  Wellness  adalah  ide  bisnis  EduTourism  berkonsep
        wellness dan wellbeing yang berkelanjutan. Hal ini disebabkan oleh sinergi
        kerja  pelestarian  ekosistem  dan  habitat,  pemberdayaan  masyarakat
        Sinduharjo,  dan  peningkatan  pendapatan  masyarakat  sekitar  serta
        pemerintah setempat. Setiap elemen yang berpartisipasi dalam Sinduharjo
        Etno Wellness memiliki Visi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat
        luas.
   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91