Page 194 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 194
Proses yang perlu dilalui oleh mahasiswa saat melakukan pembelian bahan
ajar sebagai berikut.
a. Melakukan registrasi pada sistem TBO dengan mengisi borang mengenai
data pribadi dan mengisi kontak melalui email. Alamat email tersebut
nantinya akan menjadi akun untuk masuk ke dalam sistem TBO.
b. Sistem akan mengirimkan email konfirmasi ketika terdapat tautan yang
jika di-klik akan mengonfirmasi email untuk akun baru di TBO.
c. Melakukan pemesanan dengan cara memilih bahan ajar yang dipesan.
Informasi kode dan nama bahan ajar dapat diakses melalui kategori bahan
ajar atau mencari langsung menggunakan mesin pencari yang tersedia.
Kemudian, buku yang sudah dipilih akan masuk ke keranjang belanja.
Fitur keranjang belanja akan membantu jika buku yang dibeli berjumlah
lebih dari satu sehingga mahasiswa tidak harus melakukan pembayaran
satu per satu.
d. Melakukan konfirmasi pemesanan yang dilakukan dengan cara melihat
kembali isi keranjang belanja kemudian lakukan pengisian alamat
pengiriman jika alamat pengiriman berbeda dengan yang ada di akun.
e. Melakukan verifikasi pembelian dengan melihat tampilan seluruh data
pesanan pada layar. Mahasiswa dapat melihat ulang apakah pesanan
sudah sesuai dengan keinginan.
f. Melakukan pembayaran dengan mencantumkan nomor billing pemesan
yang dikirim ke email yang bersangkutan. Nomor billing dapat juga
dilihat setelah melakukan verfikasi pembelian. Mahasiswa dapat
melakukan pembayaran dengan metode transfer uang dari rekening yang
bersangkutan. Nomor billing hanya akan berlaku selama tiga hari. Lebih
dari tiga harimaka pemesanan harus diulangi.
Pada saat ini jumlah mahasiswa yang membeli bahan ajar pada TBO belum
sebanyak jumlah mahasiswa yang teregistrasi, khususnya mahasiswa Program
Non Pendidikan Dasar UT. Kondisi ini juga dilaporkan oleh Daulay (2010) yang
meyatakan hanya 10% mahasiswa UPBJJ-UT Surabaya yang memanfaatkan
TBO, serta laporan dari Yuniati, dkk (2012) yang menyatakan bahwa 73%
184