Page 112 - 32 Tahun Universitas Terbuka : Empat Windu Membagun Negeriku
P. 112
Empat Windu Membangun Negeriku • 32 Tahun Universitas Terbuka
dalam tutorial di UT pada waktu itu mempunyai UT pada waktu itu masih menginginkan sistem
variasi yang cukup besar. Tutor yang populer dan belajar terbimbing.
matakuliah yang sukar dihadiri oleh sekitar 65%
mahasiswa. Sebaliknya, tutor yang tidak disukai Tahun ketiga ini ditandai oleh berlakunya sistem
atau matakuliahnya dianggap mudah, tidak operasional baru UT. Menurut Setijadi, sistem
banyak dihadiri mahasiswa. operasional UT diubah dengan ujian tiga kali
setahun dan registrasi sepanjang tahun, dengan
Pada masa itu banyak kelompok belajar yang tujuan untuk:
dibentuk, baik oleh kelompok mahasiswa 1. Dapat memberikan bahan belajar yang
sendiri maupun oleh pihak swasta. Tampaknya berlainan bagi setiap mahasiswa, sesuai
mahasiswa lebih cenderung menggunakan dengan kecepatan belajarnya, waktu yang
kelompok belajar sebagai sarana untuk tersedia baginya, dan urut-urutan belajar yang
memecahkan kesulitan belajar. Kelompok belajar dikehendakinya;
ada yang mampu mengundang tutor yang 2. Memberikan kemungkinan kepada warga
mereka pilih sendiri dengan biaya sendiri. Hal ini negara Indonesia, dimanapun ia berada, untuk
mendorong munculnya tempat-tempat tutorial dapat belajar di UT;
swasta di banyak tempat. Diduga terdapat 3. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa
juga perguruan tinggi swasta yang merupakan untuk dapat melakukan registrasi kapanpun
tempat tutorial intensif bagi mahasiswa UT, ia berkesempatan, dikarenakan keterbatasan
karena kuliahnya menggunakan modul UT dan waktu, keuangan atau alasan lainnya.
mahasiswanya juga terdaftar sebagai mahasiswa
UT. Tumbuhnya kelompok-kelompok belajar yang Hal ini berarti, bahwa setiap mahasiswa dapat
dikelola swasta ini menandakan bahwa mahasiswa mengambil paket matakuliah yang berlainan.
106