Page 91 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 91

Hardhono,  Pengembangan  Bahan Ajar Multimedia



          mengembangkan  multimedia,  aspek-aspek  yang  telah  dikemuka-
          kan  Bates berikut ini ( 1995) perlu diperhatikan.

          •   Aksesibilitas media. Aksesibilitas media adalah seberapa jauh
             suatu  media  dapat diakses  oleh  calon  pengguna  bahan  ajar
             multimedia.  Bahan  ajar  multimedia  akan  mempunyai  nilai
             manfaat  rendah  bila  tidak  dapat  diakses  oleh  calon  peng-
             gunanya.  Termasuk  dalam  aspek  ini  adalah  pertimbangan
             mengenai  spesifikasi  komputer pada  pihak  peserta  ajar yang
             akan  dipakai  untuk  mengakses  bahan  ajar  multimedia
             tersebut.  Spesifikasi  meliputi:  kecepatan  prosesor,  besarnya
             ruang  hard  disk yang  diperlukan,  resolusi  layar monitor,  perlu
             tidaknya  CD-ROM,  sound  card  dan  speaker-nya,  serta
             mikrofon.
          •   Biaya.  Biaya yang dimaksud di sini adalah seluruh  biaya  yang
             diperlukan,  baik  dalam  pengembangan  maupun  dalam
             operasional  pemanfaatan  media,  yang  akhirnya  akan
             dibebankan  kepada  pengguna  bahan  ajar  multimedia
             tersebut.
          •   Efektivitas  dalam  pembelajaran.  Mengingat  besarnya  variasi
             bidang  yang  diajarkan  dan  setiap  komponen  media
             mempunyai      kekuatan    masing-masing     di    dalam
             menyampaikan  materi  suatu  bidang  ajar,  maka  setiap
             komponen  media  (teks,  gambar,  suara,  animasi,  dan  film)
             perlu  dimanfaatkan  sesuai  dengan  bidang  yang  hendak
             diajarkan.   Pendapat   ini   sejalan  juga   dengan   yang
             dikemukakan  oleh  Sabatini  (2001)  bahwa  pemilihan  media
             harus  sesuai  dengan  karakteristik  materi  ajar  yang  akan
             disampaikan.  Misalnya,  pemakaian  media  suara  dalam  kaset
             audio  tidak  tepat  untuk  pembelajaran  tari  tradisional  yang
             harus  memadukan  gerak,  musik  serta  ekspresi wajah  penari.
             Media yang lebih tepat dalam hal ini adalah video.



          78
   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96