Page 91 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 91
Hardhono, Pengembangan Bahan Ajar Multimedia
mengembangkan multimedia, aspek-aspek yang telah dikemuka-
kan Bates berikut ini ( 1995) perlu diperhatikan.
• Aksesibilitas media. Aksesibilitas media adalah seberapa jauh
suatu media dapat diakses oleh calon pengguna bahan ajar
multimedia. Bahan ajar multimedia akan mempunyai nilai
manfaat rendah bila tidak dapat diakses oleh calon peng-
gunanya. Termasuk dalam aspek ini adalah pertimbangan
mengenai spesifikasi komputer pada pihak peserta ajar yang
akan dipakai untuk mengakses bahan ajar multimedia
tersebut. Spesifikasi meliputi: kecepatan prosesor, besarnya
ruang hard disk yang diperlukan, resolusi layar monitor, perlu
tidaknya CD-ROM, sound card dan speaker-nya, serta
mikrofon.
• Biaya. Biaya yang dimaksud di sini adalah seluruh biaya yang
diperlukan, baik dalam pengembangan maupun dalam
operasional pemanfaatan media, yang akhirnya akan
dibebankan kepada pengguna bahan ajar multimedia
tersebut.
• Efektivitas dalam pembelajaran. Mengingat besarnya variasi
bidang yang diajarkan dan setiap komponen media
mempunyai kekuatan masing-masing di dalam
menyampaikan materi suatu bidang ajar, maka setiap
komponen media (teks, gambar, suara, animasi, dan film)
perlu dimanfaatkan sesuai dengan bidang yang hendak
diajarkan. Pendapat ini sejalan juga dengan yang
dikemukakan oleh Sabatini (2001) bahwa pemilihan media
harus sesuai dengan karakteristik materi ajar yang akan
disampaikan. Misalnya, pemakaian media suara dalam kaset
audio tidak tepat untuk pembelajaran tari tradisional yang
harus memadukan gerak, musik serta ekspresi wajah penari.
Media yang lebih tepat dalam hal ini adalah video.
78