Page 90 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 90
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
rendah. Hal ini sangat berbeda dengan pembelajaran di kelas.
karena setiap pembelajar dipaksa belajar dengan kecepatan yang
ditentukan oleh guru. Siswa yang mempunyai kecepatan belajar
tinggi dapat merasa bosan, sedangkan siswa dengan kecepatan
rendah merasa pembelajaran terlalu cepat untuk diikuti.
Dari sisi penyelenggara program pembelajaran, dengan
bervariasinya kecepatan belajar para peserta didiknya, komputer
juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan pencatatan kemajuan
belajar masing-masing individu. Dengan cara ini dapat diperoleh
informasi kelompok individu yang belajar dengan cepat, sedang
atau lambat, sehingga perlakuan yang berbeda dapat diberikan
sesuai dengan kebutuhan kelompok yang telah diidentifikasi.
Bahan ajar multimedia juga memberikan fleksibilitas
dalam tempat dan waktu belajar. Pebelajar tidak dituntut untuk
hadir pada tempat dan waktu tertentu untuk mengikuti kegiatan
pembelajaran, karena mereka dapat mempelajari bahan ajar
multimedia kapan saja dan di mana saja selama terdapat
komputer multimedia. Dengan karakteristik bahan ajar multimedia
seperti tersebut di atas, bahan ajar multimedia dapat
dimanfaatkan untuk pembelajaran tatap muka dalam kelas
(memberi peluang peserta untuk melakukan pengulangan atas
materi ajar yang belum dipahami) dan sangat cocok untuk
pembelajaran jarak jauh yang lebih menekankan pada belajar
mandiri.
C. Kaidah Umum Pengembangan Bahan Ajar
Multimedia
Sebelumnya telah dijelaskan bahwa bahan ajar
multimedia adalah bahan ajar yang medianya terdiri atas teks,
gambar, suara, animasi, dan film yang disampaikan kepada
peserta ajar dengan menggunakan komputer multimedia. Dalam
77