Page 90 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 90

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



        rendah.  Hal  ini  sangat  berbeda  dengan  pembelajaran  di  kelas.
        karena setiap pembelajar dipaksa belajar dengan kecepatan yang
        ditentukan  oleh  guru.  Siswa  yang  mempunyai  kecepatan  belajar
        tinggi  dapat merasa  bosan,  sedangkan  siswa  dengan  kecepatan
        rendah merasa pembelajaran terlalu cepat untuk diikuti.
               Dari  sisi  penyelenggara  program  pembelajaran,  dengan
        bervariasinya  kecepatan  belajar para  peserta  didiknya,  komputer
       juga  dapat dimanfaatkan  untuk  melakukan  pencatatan  kemajuan
        belajar masing-masing  individu.  Dengan  cara  ini  dapat diperoleh
        informasi  kelompok  individu  yang  belajar  dengan  cepat,  sedang
        atau  lambat,  sehingga  perlakuan  yang  berbeda  dapat  diberikan
        sesuai dengan kebutuhan kelompok yang telah diidentifikasi.
               Bahan  ajar  multimedia  juga  memberikan  fleksibilitas
        dalam  tempat  dan  waktu  belajar.  Pebelajar  tidak  dituntut  untuk
        hadir  pada  tempat  dan  waktu  tertentu  untuk  mengikuti  kegiatan
        pembelajaran,  karena  mereka  dapat  mempelajari  bahan  ajar
        multimedia  kapan  saja  dan  di  mana  saja  selama  terdapat
        komputer multimedia.  Dengan  karakteristik bahan  ajar multimedia
        seperti  tersebut  di   atas,   bahan  ajar  multimedia  dapat
        dimanfaatkan  untuk  pembelajaran  tatap  muka  dalam  kelas
        (memberi  peluang  peserta  untuk  melakukan  pengulangan  atas
        materi  ajar  yang  belum  dipahami)  dan  sangat  cocok  untuk
        pembelajaran  jarak  jauh  yang  lebih  menekankan  pada  belajar
        mandiri.


        C.  Kaidah Umum Pengembangan Bahan Ajar
           Multimedia
               Sebelumnya    telah   dijelaskan   bahwa   bahan   ajar
        multimedia  adalah  bahan  ajar  yang  medianya  terdiri  atas  teks,
        gambar,  suara,  animasi,  dan  film  yang  disampaikan  kepada
        peserta  ajar  dengan  menggunakan  komputer  multimedia.  Dalam



                                                                 77
   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95