Page 89 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 89

Hardhono,  Pengembangan  Bahan Ajar Multimedia


















                                  Gambar 1
                         Perangkat Komputer Multimedia


         B.  Mengapa Digunakan Bahan Ajar Multimedia ?

                Setiap  komponen  media  merangsang  satu  atau  lebih
        indera  manusia.  Teori  Kroehnert  (1990)  mengatakan  bahwa
         semakin  banyak  indera  yang  terlibat dalam  proses  belajar,  maka
        proses  belajar tersebut akan  menjadi  lebih  efektif.  Teori  ini  dapat
        diterapkan  untuk  belajar,  baik  pada  anak  usia  dini  maupun  untuk
        orang  dewasa.  Secara  tegas  teori  ini  menyarankan  penggunaan
        lebih  dari  satu  indera  manusia.  Oleh  karena  itu,  pemanfaatan
        multimedia  dalam  proses  pembelaJaran  dapat  diharapkan
        meningkatkan hasil belajar.
                Selain  efektif  dari  sisi  pelibatan  banyak  indera  dalam
        proses belajar,  multimedia juga fleksibel dalam arti menyesuaikan
        dengan  kecepatan  belajar  seorang  pebelajar.  Peserta  dengan
        kecepatan  belajar  lebih  tinggi  dapat  lebih  cepat  menyelesaikan
        kegiatan  belajarnya,  sedangkan  pebelajar  dengan  kecepatan
        belajar  lambat  dapat  menyelesaikan  aktivitas  belajarnya  sesuai
        dengan  kecepatannya  masing-masing.  Tidak  terjadi  saling
        mengganggu  antara  pebelajar  yang  mempunyai  kecepatan
        belajar tinggi  dengan  mereka yang  mempunyai kecepatan  belajar




        76
   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94