Page 89 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 89
Hardhono, Pengembangan Bahan Ajar Multimedia
Gambar 1
Perangkat Komputer Multimedia
B. Mengapa Digunakan Bahan Ajar Multimedia ?
Setiap komponen media merangsang satu atau lebih
indera manusia. Teori Kroehnert (1990) mengatakan bahwa
semakin banyak indera yang terlibat dalam proses belajar, maka
proses belajar tersebut akan menjadi lebih efektif. Teori ini dapat
diterapkan untuk belajar, baik pada anak usia dini maupun untuk
orang dewasa. Secara tegas teori ini menyarankan penggunaan
lebih dari satu indera manusia. Oleh karena itu, pemanfaatan
multimedia dalam proses pembelaJaran dapat diharapkan
meningkatkan hasil belajar.
Selain efektif dari sisi pelibatan banyak indera dalam
proses belajar, multimedia juga fleksibel dalam arti menyesuaikan
dengan kecepatan belajar seorang pebelajar. Peserta dengan
kecepatan belajar lebih tinggi dapat lebih cepat menyelesaikan
kegiatan belajarnya, sedangkan pebelajar dengan kecepatan
belajar lambat dapat menyelesaikan aktivitas belajarnya sesuai
dengan kecepatannya masing-masing. Tidak terjadi saling
mengganggu antara pebelajar yang mempunyai kecepatan
belajar tinggi dengan mereka yang mempunyai kecepatan belajar
76