Page 688 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 688

Zulkabir dan  Thaib,  Manajemen  Unit Program ....



        D.  Penutup

               Dari   pengalaman    mengelola   kegiatan   UPBJJ-UT
        Bandung  dengan  menerapkan  beberapa  model,  maka  model
        sistem  wilayah  dengan  PJPM  sebagai  tulang  punggung
        pelayanan kepada mahasiswa dan mitra kerja masih cukup efektif
        sampai  dengan  saat  ini.  Penanganan  terhadap  daerah  yang
        memiliki  karakteristik  yang  berbeda  serta  pelayanan  kepada
        mahasiswa menjadi lebih utuh dan terarah.
               Melibatkan  seluruh  karyawan,  baik  langsung  maupun
        tidak  langsung  dalam  sebagian  besar kegiatan  pelayanan  di  satu
        sisi  nampak tidak efisien.  Di  sisi  lain,  keyakinan  bahwa jika setiap
        karyawan  mengetahui  apa  yang  sedang  terjadi  dan  mereka
        dilibatkan,  sekecil  apapun  kontribusi  yang  dapat  diberikan,
        mereka  akan  menampilkan  kinerja  terbaiknya,  sehingga  pada
        akhirnya  kinerja   UPBJJ-UT  Bandung  akan  meningkat.  Jadi,
        walaupun tanpa keterlibatan langsung pada suatu kegiatan,  setiap
        karyawan   diharapkan   dapat   memberikan   informasi   atau
        mengarahkan  mahasiswa,  mitra  kerja,  atau  tamu  yang  datang.
        Pola  ini  masih  dirasakan  cocok  bagi  UPBJJ-UT Bandung  karena
        selain  memupuk  kebersamaan  dan  saling  menghargai  di  antara
        sesama  karyawan,  pola  itu  juga  menjadikan  setiap  karyawan
        sebagai humasnya UPBJJ-UT Bandung  D




















                                                                683
   683   684   685   686   687   688   689   690   691   692   693