Page 214 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 214

PENDIDIKAN TINGGI JARAK ]AUH



         selamat  datang  kepada  mahasiswa  yang  telah  bergabung,
         gambaran  pelaksanaan  tutorial  mata  kuliah  yang  bersangkutan,
         peran yang  diharapkan dari  mahasiswa,  dan informasi tugas yang
         akan diberikan kepada mahasiswa.


         3.  Rekrutmen dan Registrasi Peserta Tutorial

                Semua  mahasiswa  UT  boleh  menjadi  peserta  tutorial
         online  selama mata  kuliah  yang  diregistrasinya ditawarkan dalam
         tutorial  online.  Mahasiswa  dapat  mengikuti  beberapa  model
         tutorial  untuk  mata  kuliah  bersama.  Setiap  peserta  harus
         mempunyai  identitas  dan  kata  sandi.  ldentitas  dan  kata  sandi  ini
         akan  diberikan  setelah  mereka  mengisi  formulir  "Registrasi
         Tutorial Online" dan mengirimkannya kembali.


        4.  Sistem Penilaian dalam Tutorial Online

                Dalam  Pedoman  Penyelenggaraan  Tutorial  Online edisi 2
         2003  disebutkan  bahwa  komponen  yang  dinilai  terdiri  dari
         partisipasi  mahasiswa  dan  penyelesaian  tiga  buah  tugas  yang
         diberikan.  Terdapat dua jenis partisipasi  yang  harus  diperhatikan,
         yakni  partisipasi  aktif dan  pasif.  Berpartisipasi aktif terjadi  apabila
         mahasiswa  mengajukan  pertanyaan,  komentar  atau  tanggapan
         atas  pertanyaan  dan  komentar  mahasiswa  lain.  Sedangkan
         berpartisipasi  pasif  terjadi  apabila  mahasiswa  hanya  membaca
         materi  inisiasi,  pertanyaan,  komentar,  dan  tanggapan  dari
         mahasiswa  lain.  Gambaran  hubungan  jenis  partisipasi  seorang
         mahasiswa  dengan  bobot  penilaian  yang  direncanakan  terdapat
         pada Tabel 2.









                                                                 203
   209   210   211   212   213   214   215   216   217   218   219