Page 213 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 213

Dewiki  dan  Budiman, Aktivitas dan  lnteraksi ....



         lebih.  Mereka  bekerja  sama  untuk  mengelola  mata  kuliah
         terse but.
                Beberapa mata kuliah  mengalami perubahan tutor karena
         berbagai  alasan,  misalnya  tutor  sebelumnya  tidak  dapat  aktif
         mengajar untuk tutorial pada masa 2003.  1.
                Pada  tahun  2003,  FISIP  menerima  staf  akademik  baru.
         Untuk   meningkatkan   aktivitas   tutorial   online,   staf  baru
         diikutsertakan  sebagai  tutor  pada  tutorial  online.  Keterlibatan
         mereka  pada  tutorial  online  untuk  mengganti  tutor  pada  mata
         kuliah  sebelumnya,  yang  tidak  dapat  aktif  mengajar  karena
         berbagai   alasan   atau   menjadi  pendamping   untuk   tutor
         sebelumnya.
                Pada  umumnya,  tutor  telah  mengikuti  pelatihan  yang
         diselenggarakan  oleh  Pusat  Penelitian  Media  (P2M)  dan
         memperoleh  Panduan  Penyelenggaraan (Tutorial Online Edisi 1).
         Tutor  akan  diberikan  identitas  dan  kata  sandi  secara  otomatis.
         Beberapa  tutor  FISIP  tidak  mengikuti  pelatihan  karena  berbagai
         alasan,  seperti  ada  keperluan  lain  pada  saat  pelatihan  diadakan.
         Kondisi  ini  menimbulkan  kendala,  yaitu  tutor  yang  bersangkutan
         tidak dapat mengelola mata kuliah yang diampunya.
                Setelah  mengikuti  pelatihan,  tutor  diharuskan  menulis
         inisiasi  yang  akan  dikirimkan  melalui  internet  kepada  mahasiswa
         peserta  tutorial  online  untuk  memulai  berdiskusi.  Materi  inisiasi
         dapat  berupa  tinjauan  mata  kuliah,  ringkasan  atau  rangkuman
         materi,  selayang  pandang  bagian-bagian  penting  materi  mata
         kuliah,  latihan  tambahan,  simulasi  atau  pun  pertanyaan-
         pertanyaan.  lnisiasi  ini  juga  diharapkan  mampu  memberikan
         motivasi belajar kepada mahasiswa dan  memberikan arahan  atau
         strategi  belajar  kepada  mahasiswa  seperti  memberi  contoh
         pembagian waktu belajar.
                Agar  mahasiswa  merasa  seperti  bertatap  muka  dengan
         dosennya,  materi  inisiasi  pertama  disarankan  berisi  ucapan



         202
   208   209   210   211   212   213   214   215   216   217   218